Update Sementara Medali Popnas XVI Palembang 2023, Sultra Kantongi 4 Perunggu

HALUANSULTRA.ID – Di hari kelima ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Sumatera Selatan Tahun 2023 di Palembang, sebanyak 12 cabang olahraga kontingen Provinsi Sulawesi Tenggara masih terus berjuang untuk meraih medali. Berdasarkan data yang diterima, para atlet Popnas baru meraih empat perunggu. Dua medali dari cabor taekwondo, dan dua perunggu lainnya dari cabang olahraga dayung. Hasil ini pun membuat Sultra masih bertengger dideretan 20 besar.

Untuk taekwondo dipersembahkan oleh Gibraldi Al Muizu, Kelas Under 45 kg Junior Putra, dan Ainun under 42 kg. Sementara cabor dayung, dipersembahkan melalui Nomor Women Pair (W2-) medali Perunggu oleh Nur Aulia pasangan Linda Trinawati. Kemudian, nomor Women Quadrafel (W4X) medali perunggu diraih Nur Aulia, Linda Trisnawati, Rabiatul Adawiah dan Dewi Satriani.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sultra, La Ode Daera Hidayat, mengatakan torehan tersebut merupakan hal yang membanggakan dan tentu merupakan hasil perjuangan bersama, baik itu para atlet, pelatih dan official. “Medali apa pun itu tidak mudah untuk diraih. Semua butuh kesabaran juga kedisiplinan. Dan masih terdapat beberapa hari ke depan pelaksanaan POPNAS. Mudah-mudahan masih banyak medali direbut kontingen Provinsi Sultra,” ungkap, Kadis, Kamis (30/8/2023).

Selanjutnya, Mantan Kasatpol PP Provinsi ini berpesan kepada para atlet untuk dapat menjaga kesehatan dan terus menjunjung tinggi sportivitas selama ajang POPNAS XVI yang berlangsung di Sumatera Selatan. “Terus berjuang mengharumkan nama daerah kita, tunjukan kita bisa berprestasi. Masih ada kesempatan meraih prestasi setinggi-tingginya. Kesempatan yang ada tidak akan terulang,” katanya.

Sementara itu, Pelatih Dayung PPLP Sultra, Ratna mengatakan sangat bangga atas prestasi yang diraih atlet asal Sultra. Perjuangan para atlet sangat luar biasa di hari ketiga, khususnya untuk cabor dayung putri. Apalagi lawan yang dihadapi mulai dari tuan rumah hingga DKI Jakarta memang sangat diwaspadai. “Masih ada nomor tanding yang akan berlangsung. Sementara meraih medali perunggu, doakan pedayung kita bisa tampil bagus dilaga selanjutnya,” jelasnya.

Ainun kelas under 42 kg putri behasil meraih medali perunggu di cabor taekwondo.

Sebelumnya, Pelatih Taekwondo Popnas Sultra, Baling Togala mengatakan, keberhasilan dua atletnya menembus babak semifinal merupakan buah dari kerja keras selama latihan. Semua ini tentunya tidak terlepas dari upaya pembinaan dan pelatihan yang dilakukan, dan perjuangan atlet, pelatih juga official bersama ketua pengprov TI Sultra dalam meningkatkan prestasi olahraga. “Kita bangga dan berterimakasih juga kepada ketua Pengprov TI Sultra,”pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 101 kontingen Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diberangkatkan untuk berlaga di Kejuaraan Popnas XVI Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel)) 26 Agustus hingga 4 September 2023. Nah 101 kontingen terdiri dari 71 atlet, 19 pelatih dan 11 official. Mereka tanding di 12 cabang olahraga yaitu Silat, Tinju, Dayung, Wushu, Karate, Kempo, Sepak Takraw, Menembak, Panahan, Atletik, Renang dan Taekwondo. (HS)

Tinggalkan Balasan