Pj Gubernur Sultra Ucapkan Terima Kasih Dianugerahi Gelar Adat Tolaki : Ini Sungguh Kehormatan, Salam Medulu Mepoko’aso

HALUANSULTRA.ID – Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPP Lembaga Adat Tolaki, Mokole Raja Konawe, Ketua DPD Lembaga Adat Tolaki Konawe, segenap perangkat dan pengurus lembaga adat, serta seluruh masyarakat Tolaki atas anugerah pemberian gelar adat “Langgai Mandarano Wuta Ndolaki Sulawesi Tenggara,”

“Alhamdulillah. Ini sungguh menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi saya. Penganugerahan ini tak semata penyematan gelar, namun juga menjadi pengingat bahwa amanah yang harus saya pertanggungjawabkan semakin bertambah,” ucap Pj. Gubernur Sultra, Minggu, 24 Desember 2023.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto saat menerima gelar dari suku Tolaki.

Menurutnya, menjaga nilai-nilai adat suku Tolaki merupakan sebuah komitmen terhadap kearifan lokal, serta menyeraskan sikap harmoni dengan lingkungan. Manusia dan alam semesta merupakan satu kesatuan yang saling menguatkan.

“Merawat lingkungan hidup berarti juga merawat keberlanjutan kehidupan kita bersama. Nilai-nilai adat Tolaki memiliki makna yang universal, kemanusiaan dalam kesemestaan,” katanya.

Pj.Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto usai menerima gelar adat.

Andap menambahkan, makna yang ia yakini juga menjadi bagian dari tradisi luhur suku mana pun di tanah air, khususnya di Bumi Anoa. Nilai kearifan lokal yang masih sangat relevan untuk kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Leundo Ato Mekainggae Mepoko’aso Wangui Wonua Pine Owosendo Sulawesi Tenggara” Mari bergandengan tangan bersatu untuk membangun Sulawesi Tenggara yang kita cintai bersama kearah yang semakin baik,” ujarnya. “Salam Medulu Mepoko Aso’ Salam Kesatuan dan Persatuan,” tutup PJ Gubernur Sultra. (Iman/HS).

Tinggalkan Balasan