Ayo Sekolah di SMA Lab School UM Kendari : Transformasi Kualitas Pendidikan, Jawab Tantangan di Era 4.0

HALUANSULTRA.ID — Proses transformasi digital pendidikan keagamaan mulai berlangsung di Indonesia. Misalnya, Muhamadiyah. Muhammadiyah selama ini dikenal sebagai pengelola pendidikan yang sangat fenomenal, mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga perguruan tinggi. Bahkan, Labschool UM Kendari dibentuk untuk menjawab berbagai tantangan di era revolusi industri 4.0.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhamadiyah Kendari, Dr. H. Nur Alim, M.Pd menjelaskan, salah satu amal usaha Muhammadiyah di Kota Kendari yaitu SMA Muhammadiyah ingin melakukan transformasi dalam meningkatkan kualitas dalam layanan pendidikan dengan bekerjasama dengan UM Kendari menjadi SMA Labschool UM Kendari.

Proses transformasi SMA Muhammadiyah menjadi SMA Labschool untuk memberikan layanan prima dalam pendidikan, agar lebih maju dan mencerahkan. “Pertama, transformasi ini mencakup perbaikan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, di antaranya penyediaan Smart TV, Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, serta Laboratorium Bahasa untuk mendukung proses pembelajaran,” jelasnya, Jumat (9/7/2021).

Kemudian yang kedua, lanjut dia, transformasi SDM melalui pelatihan para tenaga pendidik untuk mengembangkan kompetensi-nya. Seperti membuat media ajar yang menarik guna menumbuhkan semangat belajar bagi para siswa(i).

Lalu yang ketiga, masih kata Nur Alim, bahwa tata kelola manajemen sekolah harus dilakukan secara profesional, yaitu kualitas fasilitas pendukung seperti pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan di lingkup SMA Labschool UM Kendari. “Keempat, berusaha menciptakan keunggulan distingtif bidang science, bahasa asing dan penguasaan IT. Kini, SMA Labschool UM Kendari akan terus bekerjasama dengan para stakeholder untuk memberikan kualitas layanan pendidikan bertaraf internasional yang diintegrasikan dengan nilai-nilai islam dan kemuhammadiyahan untuk menjawab segala tantangan di era revolusi 4.0,” tandasnya Nur Alim.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA UM Kendari, Jurumia M.Pd, menuturkan, saat ini Indonesia memasuki, dan bahkan sedang berjalan era revolusi industri 4.0 yang diyakini akan membuka kesempatan kerja dan juga lapangan pekerjaan yang lebih luas dan sangat banyak serta membangun pekerjaan manusia menjadi lebih cepat, mudah, dan hasil yang memuaskan.

Dapat diartikan kehidupan manusia sekarang mengalami banyak perubahan dan juga pada abad ini meminta kualitas sumber daya manusia yang berkualitas dalam segala usaha dan hasil kerjanya. “Perubahan yang sangat signifikan ini berlangsung dalam kehidupan sehari-hari dengan mengikuti alur yang ada. Apalagi yang paling utama perubahan yang terjadi ada di bidang pendidikan,” jelasnya.

Sistem pendidikan, kata Jurumia, membutuhkan gerakan baru untuk merespon era revolusi industri 4.0. Nah SMA Labschool UM Kendari adalah sekolah yang dikembangkan bersama dan sudah memenuhi standar nasional pendidikan yang diperkaya nilai-nilai Islami untuk menghasilkan lulusan unggul. Pihak sekolah, lanjut dia, sudah membuka penerimaan siswa baru. “Informasi PPDB dapat langsung menghubungi Humas SMA Labschool UM Kendari (08114052342)atau linkhttps://bit.ly/INFORMASIPPDB_MoehlasKendari. Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, Youtube Moehlas_Kendari,” terangnya.,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan