Diskominfo Sultra – BPS Gelar Rapat Koordinasi Persiapan MoU Pengintegrasian Aplikasi Syantik dan Simdata Buka Info

HALUANSULTRA.ID — Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sultra menggelar Rapat Koordinasi terkait persiapan MoU pengintegrasian aplikasi Sistem Informasi Layanan Statistik (Syantik), yang dibangun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra dengan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Terintegrasi dalam Mendukung Keterbukaan Informasi (SIMDATA BUKA INFO).

Ini merupakan proyek perubahan yang dirancang oleh Kadis Kominfo Sultra dalam Diklat PIM II, diharapkan dapat direalisasikan dan dipakai untuk kebutuhan pendataan satu pintu di lingkup pemerintah Privinsi Sulawesi Tenggara.

Pada rakor tersebut dihadiri oleh Kepala BPS, Agnes yang didampingi oleh Fatur salah satu penanggungjawab data statistik di BPS Sultra. Dari pihak DisKominfo Sultra hadir Kepala Dinas, Ridwan Badallah yang didampingi oleh Sekdis Kominfo, Ahmad Yasir serta Kabid Data Center, Andi Asnawati.

Kepala BPS Sultra mengatakan MoU BPS dengan Pemprov melalui Dinas Kominfo Sultra telah menyepakati dukungan Satu Data Indonesia, seperti yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019. Selain itu Satu Data Indonesia (SDI) merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antar Instansi Pusat serta Daerah yang seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia.

Selain itu, tujuan pengintegrasian untuk mendukung keterbukaan informasi publik dan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengakses data agar publik memperoleh informasi melalui satu sistem informasi layanan satu data.

Berkenaan dengan Rakor tersebut Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara merencanakan akan Launching SATU DATA tersebut pada bulan Oktober atau bulan November tahun ini, kata Ridwan Badallah. “Faktor pendukung SIMDATA BUKA INFO adalah penguatan infrastruktur, jaringan, aplikasi, dan sumber daya manusia,” ungkap Ridwan Badallah

Kemudian, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika pekan depan akan melaksanakan Sosialisasi Aplikasi SYANTIK milik BPS disusul Bimtek Pemanfaatan Aplikasi dengan melibatkan 10 OPD yang telah mengintegrasikan websitenya dengan website Pemerintah Provinsi. (HS)

Tinggalkan Balasan