Gempa 3,9 Magnitudo Guncang Wilayah Siompu Barat Buton Selatan

HALUANSULTRA.ID — Gempa bumi tektonik
berkekuatan 3,9 Magnitudo wilayah Siompu Barat, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Kamis, 30 September 2021, pukul 16:29 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa terletak pada koordinat 6.06 LS, 122.48 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 41.5 km, Barat Daya Siompu Barat, pada kedalaman 10 km.

” Jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal di Barat Daya Siompu Barat,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T, Kamis (30/9/2021)

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Siompu Barat dengan Intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. ” Sampai pukul 19.21 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” tutup Rudin. (HS)

Tinggalkan Balasan