Tampan dan Anggun, Atlet Karate-Taekwondo Pakaian Adat Buton Iringi Kontingen Sultra Saat Defile Pembukaan PON

HALUANSULTRA.ID – Seluruh kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan ambil bagian di acara Defile Pembukaan yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe Sabtu, (2/10/2021) pukul 19.00 Wita. Sejumlah kontingen sudah bisa dipastikan akan menunjukkan penampilan unik kala memperkenalkan diri.

Nah khusus kontingen Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan 14 orang. Itu sesuai aturan PON, panitia membatasi peserta defile. Rombongan defile akan dipimpin langsung Ketua Kontingen, Hj Nur Endang Abbas (Sekda Provinsi) bersama Kadispora, Sekum KONI, atlet dan pelatih.

Adam Malik, akan menjadi pembuka jalan bagi kontingen Sulawesi Tenggara pada defile pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Kemudian, Karateka Sultra, Muh Jabar Hamidan bersama atlet taekwondo Alukminwati didaulat mengenakan pakaian adat Buton.

Muhamad Jabar Hamidan dan Alukminwati

Keduanya akan berjalan mengiringi kontingen dihadapan Presiden Joko Widodo yang telah tiba di Kota Jayapura sejak Jumat (1/10). “Kontingen ini terbatas. Jadi untuk Sultra ada 14 orang, semua wajib swab antigen sebelum masuk lokasi pembukaan. Kalau pakaian adat itu, ada Buton,” kata Tahir Kimi, kepada haluansultra.id di Kota Jayapura.

Muh Jabar mengaku sangat bangga dan senang dipercaya mengenakan pakaian adat saat Defile. Ini merupakan PON pertama dan sangat berarti baginya. “Jujur saya bahagia. Kalau riasnya di Kota Jayapura,” katanya.

Sementara Alukminwati tidak terkejut jika dirinya akan dipercaya mendampingi Muh Jabar. Sebab saat pelepasan kontingen di Rujab Gubernur Sultra, dirinya juga menyerahkan bendera kontingen ke Gubernur. “Kalau ditugaskan harus siap. Senang sekali bisa pakaian adat di Pembukaan PON Papua,” jelasnya.

Untuk diketahui, upacara pembukaan akan dimulai dengan pertunjukan pembuka untuk menyambut kedatangan Presiden beserta rombongan. Lalu, dilanjutkan dengan tarian selamat datang. Selanjutnya, lagu Indonesia Raya akan dikumandangkan. Lalu, laporan Gubernur Papua selaku Ketua Umum PB PON XX Papua, serta sambutan dari Ketua Umum KONI Pusat.

Acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera PON. Lalu diteruskan dengan pembacaan janji atlet dan janji wasit. Kemudian, Presiden Jokowi akan membuka PON XX Papua secara resmi. Beliau akan memberikan sambutan untuk menyemangati para atlet yang berlaga.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pertunjukan budaya. Penampilan kreatif itu akan berlangsung dari pukul 19.51 sampai 20.31 Wita. Terakhir, acara akan ditutup dengan penyalaan couldron dan kembang api. Lalu, lagu tema PON XX Papua juga akan dinyanyikan di ujung acara yang berakhir pada pukul 20.45 Wita. (Imn)

Tinggalkan Balasan