Bonus Atlet PON Sultra Cair Tahun Ini, Rp 6,6 M Dibagi Rata Berdasarkan Medali

HALUANSULTRA.ID — Bonus atlet Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berhasil meraih medali saat berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, dipastikan cair tahun ini. Hal itu diungkapkan langsung Kadispora Sultra, Trio Prasetio Prahasto, Selasa (26/10/2021) di D’Blitz Hotel Kota Kendari.

Menurut Trio, total anggaran bonus medali telah dianggarkan Rp 6,6 Miliar. Dana tersebut akan disalurkan untuk 15 medali. Rinciannya, 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu. “Kalau untuk bonus emas itu Rp 100 juta. Perak 75 juta, lalu perunggu Rp 50 juta. Semua sudah diusulkan APBD Perubahan tahun ini. Artinya, tidak akan menyeberang tahun depan untuk penyerahannya,” kata Trio.

Mantan Sekwan DPRD Sultra ini pun membeberkan, seluruh atlet peraih medali akan mendapat bonus sama. Misalnya, peraih emas, jika dua orang maka bonusnya Rp 200 juta. Begitu pun peraih perak seperti dari Cabor Softball yang berjumlah mencapai 15 orang, setiap atlet akan menerima Rp 75 juta. Begitu juga di nomor dragon boat. “Perunggu juga begitu, setiap atlet yang meraih medali masing-masing dapat 50 juta,” terangnya.

Sempai Cabor Kempo ini menegaskan, bonus tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Gubernur Sultra terhadap atlet yang telah berjuang mengharumkan nama daerah. Apalagi, posisi Sultra berada di posisi 20, naik empat peringkat saat PON Jawa Barat 2016 dimana Sultra berada diurutan 24. “Saya melihat langsung bagaimana perjuangan atlet kita di Papua. Mereka benar-benar dengan gigih berjuang demi mengibarkan bendera daerah,” katanya.

Di PON Papua Sultra mengikuti 14 cabor. Dari total tersebut Sultra merebut 15 medali. Nah medali itu datang dari Dayung (5 emas, 4 perak, 3 perunggu), Softball (1 perak), Silat dan Takraw masing-masing 1 perunggu. Trio menambahkan, untuk proses penyerahan bonus akan diberikan langsung oleh Gubernur Sultra H. Ali Mazi jika dana sudah siap dicairkan. “Kapan waktunya nanti kami sampaikan ke teman-teman media. Saya juga ucapkan terima kasih kepada media yang telah mensupport pemberitaan atlet Sultra di Papua,” tutupnya. (Imn)

Tinggalkan Balasan