Edukasi Masyarakat Jaga Imun di Masa Pandemi, Dosen FKM UHO Bagikan Ratusan Paket Buah dan Sayur di Abeli

HALUANSULTRA.ID – Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) membagikan ratusan paket sayur dan buah kepada masyarakat di Kecamatan Abeli, baru-baru ini. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dalam mengedukasi masyarakat untuk menjaga imunitas di masa Pandemi Covid-19.

Tim dosen yang dipimpin oleh Yasnani, S,Si. M.Kes menuturkan, kegiatan berbagi buah dan sayur mengusung tema “Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 Melalui Penerapan Protokol Kesehatan dan Peningkatan Imunitas”. Agenda ini pun telah digagas bersama dan berjalan sesuai rencana.

Menurutnya, pandemi covid-19 berdampak luas bagi masyarakat, terutama bagi keluarga atau kelompok yang rentan. Nah, menjaga kesehatan tubuh menjadi sesuatu yang penting saat ini. Tubuh yang sehat diharapkan dapat terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Kata Yasnani, ada beragam cara untuk mendapat tubuh yang sehat. Selain makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidur yang cukup, juga diperlukan suplemen. Namun untuk mengganti suplemen, masyarakat bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. “Memang kegiatan pengabdian kali ini difokuskan pada edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur. Ratusan paket buah dan sayur kami serahkan di RT 1 dan RT 2 (RW1) Kelurahan Abeli,”ucapnya, Kamis, (28/10/2021).

Dalam kegiatan ini, Yasnani dibantu oleh 3 dosen lainnya yakni Dr. Fikki Prasetya, M.Kes, Lymbran Tina, S,KM., M.Kes dan Rahman, S,KM., M.PH dan mahasiswa. Selain membagikan paket buah dan sayur, Tim Dosen Pengabdian FKM UHO, juga memberikan informasi/pesan kesehatan kepada masyarakat secara lisan, membagikan masker, serta meminta seluruh warga tetap penerapan protokol kesehatan di lingkungan rumah dan tempat umum. “Artinya harus selalu membiasakan mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan memakai masker,” sambung dia.

Menurut WHO ada sekitar 1,7 juta kematian di seluruh dunia disebabkan rendahnya konsumsi buah dan sayuran. Sedangkan menurut Riskesdas 2013, peduduk yang dikategorikan ‘cukup’ mengonsumsi sayur dan atau buah adalah minimal 5 porsi per hari selama 7 hari dalam seminggu.

Dari 10 prinsip Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), rata-rata perilaku kurang konsumsi buah dan sayur di Indonesia adalah sebesar 93,5 persen atau 9 dari 10 orang Indonesia tidak makan buah dan sayur tiap harinya. ” Mari tetap jaga kesehatan. Jaga daya tahan tubuh dengan makan sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin serta makanan sehat seperti protein yang tinggi dan diikuti juga dengan olah raga,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan