Ribuan Peserta Akan Meriahkan MTQ V Korpri di Kendari, Kegiatan Terpusat di Tiga Venue

HALUANSULTRA.ID – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mematangkan persiapan jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) V Korpri Tingkat Nasional 2021. Berdasarkan jadwal yang ada, MTQ khusus untuk para pegawai negeri tersebut akan digelar 14-19 November 2021 di Kota Kendari.

Kepala Dinas Kominfo Sultra, Ridwan Badallah mengatakan, sesuai surat yang diterima dari Event Organizer (EO) pembukaan dan penutupan event sekaligus Cabang Tilawah terfokus di Lokasi eks MTQ. Lalu, cabang khutbah berlangsung di Masjid Al – Qautsar sedangkan cabang adzan dan doa di Gedung Sapta Pesona Dinas Pariwisata. “Jadi aktivitas terpusat di tiga venue tersebut. Nah kita laksanakan juga secara live streaming di publish di media sosial milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara,” ucap Ridwan, (12/11/2021) pagi.

Ridwan Badallah menegaskan, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Tenggara siap mensupport penuh publikasi kegiatan. Adapun terkait jaringan internet telah disiapkan oleh PT. Telkom. Sementara kamera serta man powernya telah di sediakan oleh pihak EO. “Sesuai arahan pak Gubernur telah meminta Forkopimda, OPD, instansi vertikal, dan LPTQ, termasuk MUI serta seluruh masyarakat Provinsi Sultra untuk menyukseskan acara ini. Untuk ini Kominfo sangat, sangat siap bahkan tim telah disiapkan untuk turun langsung,” sambung Ridwan.

MTQ Korpri Tingkat Nasional digelar setiap dua tahun sekali. Sesuai rencana, akan ada 26 cabang lomba yang dipertandingkan. Jika mengacu pada MTQ Korpri sebelumnya, jumlah peserta diestimasi sebanyak 1.680 orang. Jika memperhitungkan pelatih, official, dan undangan, diperkirakan akan ada 3.000-an orang yang akan berpartisipasi dalam MTQ V Korpri Nasional yang digelar di Kota Kendari.

Ridwan menambahkan, kafilah Sultra pernah juara umum pada MTQ KORPRI Ke-3 Tingkat Nasional Tahun 2016 di Samarinda, Kalimantan Timur. Sultra pun telah berpengalaman melaksanakan pagelaran MTQ. Pada tahun 2006 silam, pada periode pertama kepemimpinan Gubernur Ali Mazi, Sultra sukses melaksanakan MTQ ke-21 Tingkat Nasional. Di masa itu, kawasan MTQ dibangun dan menjadi ikon kebanggaan masyarakat Sultra hingga saat ini. (HS)

Tinggalkan Balasan