OJK Targetkan Porsi Kredit UMKM Capai 30 Persen

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan 30 persen kredit perbankan disalurkan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada 2024 mendatang. Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) OJK Sulawesi Tenggara (Sultra), Maulana Yusup mengatakan, saat ini OJK terus mendorong peningkatan porsi penyaluran kredit perbankan terutama ke sektor UMKM.

“OJK Sultra mendorong peningkatkan porsi penyaluran kredit ke sektor UMKM, antara lain pada saat penyampaian rencana bisnis bank di awal tahun,” Kata Yusup saat dihubungi haluansultra.id Senin (24/1/2022).

Lebih jauh ia menuturkan, penyaluran kredit ke sektor UMKM juga merupakan bagian dari rencana aksi keuangan berkelanjutan yang di prioritaskan OJK. Namun OJK juga selalu mengingatkan agar penyaluran kredit kepada sektor UMKM dilakukan dengan senantiasa menerapkan prinsip kehati-hatian dan didukung oleh sumber daya manusia yang cukup. “Ini dari sisi kualitas dan kuantitas,” imbuhnya.

Selain itu, menurutnya peningkatkan kredit kepada UMKM saat ini, dilakukan juga melalui pelaksanaan program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) yang telah ada di tingkat provinsi dan beberapa kabupaten. “Saat ini peningkatan kredit sektor UMKM juga sebenarnya sudah di lakukan, melalui program TPKAD baik pada tingkat Provinsi maupun Kabupaten Kota di Sultra,” pungkasnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan