Asrun Lio : Kurikulum Prototipe Adalah Upaya Pemulihan Pendidikan

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Berdasarkan penemuan riset Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kurikulum prototipe resmi menjadi pilihan yang dapat di terapkan pada satuan pendidikan di Indonesia.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrul Lio menyebut, hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memulihkan kondisi pendidikan di masa pandemi.

“Jadi kurikulum prototipe adalah kurikulum pilihan yang di tawarkan oleh kementerian, dan juga kurikulum penyederhanaan untuk recoveri pembelajaran pada masa pandemi,” katanya Kamis (27/1/2022).

Lebih jauh Kadis mengatakan, kemajuan dan tingkat pembelajaran di sekolah sebelum dan setelah masa pandemi juga menjadi salah satu point penerapan kurikulum baru ini. “Dalam kurikulum ini pembelajaran esensial yang menjadi target itu yang diutamakan” jelasnya.

Diketahui hasil riset Kemendikbud mengungkapkan sejumlah fakta bahwasanya kemajuan belajar siswa setelah pandemi menurun drastis. Hal ini dinilai berdasarkan tingkat literasi dan numerasi siswa. Untuk itu kata Asrun, mengacu pada dasar hukum Kepmendikbud Nomor 719/P/2020. Satuan pendidikan diberikan beberapa opsi untuk menerapkan kurikulim penyederhanaan ini.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan