Capaian Vaksinasi ODGJ di Kendari Minim, Banyak Orang Gila Tidak Mau Divaksin

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Tak hanya gencar melaksanakan vaksinasi pada masyarakat umum, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari juga terus mengupayakan vaksinasi untuk kalangan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari, Rahminingrum mengungkapkan, hingga saat ini vaksinasi ODGJ intens gencarkan. Meski, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi vaksinator pun pihak terkait lainnya. “Ini sementara berjalan terus, cuman memang sasarannya yang sulit di dapat. Tapi sejauh ini masih terus kami upayakan,” ujarnya Jumat (28/1/2022).

Dikatakannya, capaian vaksinasi yang masih minim juga dipengaruhi oleh rendahnya minat ODGJ untuk melakukan vaksinasi. Hal inilah yang kerap kali ditemui para tenaga vaksinator saat menyambangi lokasi vaksinasi. “Untuk jumlah itu kurang lebih di atas 100 yah, Hanya memang ODGJ yang jelas-jelas berada di rumah sakit jiwa itu belum berkenan untuk di vaksin,” tukasnya.

Meski demikian, Pemkot mengupayakan agar vaksinasi sukses terlaksana. Selain itu, Rahminingrum juga meminta dukungan dari semua tetap menjaga kesehatan dan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).
“Ini juga tentunya yang menjadi salah satu faktor keterhambatan sekaligus tantangan untuk kita dalam mengencarkan serta mensosialisasikan vaksinasi ODGJ ini,” ucapnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan