Omicron Melonjak, Walikota Kendari Himbau Masyarakat Waspada dan Pertahankan Disiplin Prokes

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Virus corona varian Omicron telah menyebar di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini juga membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

GISAID mencatat, perkembangan kasus Covid-19 varian Omicron (B.1.1.529) di Indonesia telah mencapai 3.375 kasus per Sabtu, 05 Februari 2022. Varian Omicron di Indonesia ini memiliki selisih 358 kasus dibandingkan hari sebelumnya. Secara mingguan, kasus di Indonesia ini tumbuh 92,31 persen.

Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, mengatakan meningkatnya kasus virus varian Omicron di Indonesia harus menjadi perhatian bersama. Pertahankan sikap dan tindakan yang sudah dilakukan sejauh ini tentu merupakan senjata ampuh dalam melakukan pencegahan. “Itukan sudah terbukti sukses di dua gelombang yang lalu termaksud varian Delta kita sukses melewatinya. Tentu dengan berbagai evaluasi dan catatan, makanya tinggal kita mengulang apa yang sudah kita lakukan di dua varian sebelumnya,” ungkapnya saat di temui awak media Senin (7/2/2022).

Menurutnya, antisipasi penanganan varian Omicron bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan prokes ketat. Pemkot optimis penanganan kasus varian Omicron di Kendari bisa ditangani.  “Varian Omicron inikan relatif tidak jauh berbeda sebenarnya. Perbedaannya hanya pada tingkat penyebarannya yang tinggi tapi selebihnya varian ini tidak seperti varian Delta,” jelasnya.

Untuk itu, ia berpesan agar seluruh masyarakat dapat mendukung langkah-langkah yang dilakukan Pemkot untuk menekan angka kasus penyebaran Covid-19 di Kota Lulo. Terlebih kondisi Kendari yang ramai di kunjungi, serta kerap menjadi tuan rumah sejumlah event akhir-akhir pekan ini.

“Pesan saya kepada masyarakat, saat ini sudah ada delapan kasus yang kita temukan. Tapi belum kita pastikan apakah ini Omicron atau bukan. Intinya kita tetap berhati-hati, dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan,” tandasnya.

Reporter : Erviana Hasan





Tinggalkan Balasan