Target Rampung 2023, Tahun Ini Dana Pembangunan Tribun Stadion Lakidende Disiapkan Rp 17 Miliar

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra, Fahri Yamsul, mengatakan untuk tahun 2022 Stadion Lakidende akan fokus pada pembangunan tribun penonton.
Anggaran pun telah disiapkan Rp 17 Miliar. “Dana itu khusus pembangunan fokus tribun,” kata Fahri, Selasa (22/02/22).

Pengerjaan stadion dilakukan secara bertahap dan ditarget rampung secara keseluruhan tahun 2023 mendatang.
Prosesnya dibangun per zona. Zona pertama yaitu tribune timur, zona kedua tribune barat, zona ketiga tribune utara, dan zona keempat tribune selatan.

Stadion ini mulai dikerjakan pada tahun 2020 oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan telah menghabiskan dana Rp 28 miliar.
Menurut Pahri, untuk total anggaran yang dibutuhkan Rp 200 miliar dengan fasilitas penuh. Artinya dana itu sudah termasuk dengan perbaikan lapangan. “Kalau Rp 200 M itu tribunnya sudah tertutup, ada ruang ganti, tempat ngopi, toilet pokoknya lengkap seperti stadion internasional pada umumnya,” ujar Ketua Perbasasi Sultra ini.

Jika seluruh tribun penonton telah tuntas, maka stadion Lakidende bisa menampung Berdasarkan 24.900 tempat duduk. Termasuk akan dibangun beberapa fasilitas pendukung stadion. “Intinya untuk target pembangunan jika ada anggaran tahun depan, pasti kita selesai tahun 2023. Tergantung keuangan,” tukas Fahri.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan