Sempat Terhenti, Begini Trik Ant Outdoorkdi Kembangkan Omset Dimasa Pandemi

HALUANSULTRA.ID, KENDARI РPandemi yang masih melanda kerap kali melahirkan jenuh bagi masyarakat. Mulai dari pembatasan aktivitas hingga penutupan beberapa kawasan wisata. Namun, hal ini tak membuat surut antusias  usaha penjualan perlengkapan outdoor meski beberapa bisnis lainya mengalami kemacetan.

Owner Ant Outdoorkdi Triska Amalia Santi mengaku, bisnis yang ia tekuni mendapat dukungan dengan semakin berkembangnya komunitas pecinta alam. Tak hanya itu, menjaga kualitas dan melihat kebutuhan pasar juga menjagi kunci berkembangnya bisnis ini.

“Awal kami buka itu tahun 2019 omset penjualan bisa sampe 3-5 juta. Karena pandemi di 2020 kami juga sempat tutup toko karena omset menurun drastis bahkan hanya sekitar 200 ribu perbulannya,” kata Triska kepada haluansultra.id Jumat (4/3/2022).

Ia juga mengungkapkan, saat ini omset penjualan di tokonya sudah mulai stabil. Bahkan mengalami peningkatah hingga menyentuh angka kisaran Rp. 7 hingga 14 juta dalam sebulan.

“Alhamdulillah di pertengahan tahun 2021 setelah kami coba buka kembali omset sudah mulai naik. Kami mulai dapat rulesnya, dan ekosistem bisnis ini. Mulai dari banyak ikut pelatihan sampai bergabung dengan perkumpulan pebisnis lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, pandemi tak menghalangi minat para pembeli, sebab selain menghadirkan barang dengan harga terjangkau dan kualitas baik mereka juga kerapkali menjalin kerjasama dengan beberapa pihak penyelenggaraaan kegiatan outdoor sebagai penyedia outfit, cooking set dan peralatan lainnya.

“Kami juga beberapakali bekerjasama dengan fakultas-fakultas di kampus yang mengadakan kegiatan outdoor, kami yang suplai pakaiannya,” imbuhnya. Untuk itu ia berharap, dengan bisnis yang ia tekuni saat ini kedepan dapat menciptakan lapangan pekerjaan terkhusus bagi kalangan pemuda di Sulawesi Tenggara (Sultra). “Semoga kedepan bisnis kami semakin berkembang dan mendapat suport baik dari masyarakat maupun pemerintah,” tukasnya.

Reporter : Erviana Hasan

Leave a Reply