9 Nama Calon Pj Bupati Mubar, Buteng dan Busel Dikirim ke Kemendagri

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), telah mengirim nama-nama calon Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng) dan Buton Selatan (Busel) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tiga bupati yang saat ini sedang menjabat Achmad Lamani, Bupati Muna Barat, Samahuddin, Bupati Buton Tengah dan La Ode Arusani, Bupati Buton Selatan bakal berakhir pada 22 Mei 2022.

Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemprov Sultra, Muliadi, mengatakan Pj untuk tiga daerah tersebut dalam tahapan verifikasi di Kemendagri. “Memang kami yang proses dimana untuk setiap kabupaten itu ada tiga nama yang diusulkan di Kemendagri. Jadi ada 9 calon yang dikirim,” ungkapnya di Kendari, Kamis (28/04/22).

Muliadi menjelaskan, dirinya tidak bisa menyebutkan siapa-siapa nama yang diusung untuk tiga daerah tersebut, sebab soal nama masih dirahasiakan dan belum diketahui kapan pengumuman karena semua tergantung Kemendagri.

“Mengenai soal nama kami tidak bisa sebut karena bisa saja berubah. Jadi kami tidak paham itu nanti kita tunggu saja kesimpulan dari Mendagri,” jelas Muliadi
Kata dia, pihaknya tidak punya kewenangan untuk menentukan hasil akhir dari ketiga nama calon penjabat bupati tersebut melainkan hal itu merupakan kewenangan dari Kemendagri.

“Pengumuman itu kan memang harus disegerakan oleh Kemendagri agar tidak ada kekosongan pemerintahan nantinya. Dan itu diumumkan dalam bentuk tertulis berdasarkan surat keputusan,” tukas Muliadi.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan