Pj Bupati Tiga Daerah di Sultra Ditetapkan, Hanya 1 Usulan Ali Mazi Disetujui

HALUANSULTRA.ID, KENDARI- Tiga nama Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng) dan Buton Selatan (Busel) sudah ditetapkan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Pj Sekda Sultra, Asrun Lio dan Kepala Biro Pemerintah Setda Sultra, Muliadi, telah menerima surat resmi.

Pj Sekda Sultra, Asrun Lio, kepada haluansultra.id mengatakan, ketiga Pj Bupati tersebut adalah Bahri salah satu pejabat di Kemendagri menjabat di Mubar, untuk Buton Tengah, Muhammad Yusup dan Buton Selatan dijabat Sekda Busel, Laode Budiman. “Kita sudah terima tadi, nama-namanya sudah ada, Pak Bahri, Pak Muh. Yusuf dan Laode Budiman,” beber Asrun Lio, Sabtu (21/5/2022).

Dari seluruh nama-nama yang menjabat Pj Bupati, hanya satu saja usulan Gubernur Sultra, H. Ali Mazi yang terakomodir yaitu Pj Bupati Buteng, Muh. Yusuf atau Joker. “Kalau nama-nama itu hanya satu yang usulan Gubernur Sultra, dua namanya itu langsung dari Menteri,” beber Asrun.

Sementara itu, dua hari terakhir ini terjadi demonstrasi penolakan Pj Bupati yang bukan usulan Gubernur. Yakni Aliansi Forum Rakyat Bersatu melakukan aksi di MTQ Kendari. Aksi lainnya juga berlangsung di Kabupaten Buton Selatan tepatnya di Rujab Bupati Buton menolak Pj Bupati yang diusul tidak melalui Gubernur Sultra. “Kemarin sampai juga kepada kami ada gejolak di Sultra, kabarnya ada masyarakat yang menolak Pj Bupati yang tidak memalui usulan gubernur,” tukas Asrun.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan