Gaungkan Konten Moderasi, Kanwil Kemenag Kota Kendari Launching SIMODERAT

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Kanwil Kemenag Kota Kendari melaunching Sistem Layanan Informasi Moderasi Beragama (SIMODERAT). Layanan berbasis online ini dirancang untuk menciptakan kesatuan umat di Sulawesi Tenggara khususnya, Kota Kendari.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenag Sultra), Zainal Mustamin mengatakan, perdamaian dan kerukunan merupakan unsur utama terciptanya persatuan.

“Program ini adalah inisiasi dari bapak Budi Permana dari Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam. Kita beri apresiasi atas inovasi dari sistem aplikasi ini yang tentunya akan menjadi rumah belajar pertama tentang moderasi beragama,” katanya saat ditemui haluansultra.id, Kamis (9/6/2022).

Ia juga berharap hal tersebut dapat terus ditindaklanjuti dan dapat disebarluaskan. Serta menjadi referensi online bagi masyarakat untuk memperoleh informasi moderasi beragama. Hal ini juga sejalan dengan tekad Kementerian Agama (Kemenag) RI yang terus menggaungkan moderasi beragama dalam beragaman bentuk pendekatan dan ekosistem.

“Ini kita lakukan agar sejak awal kita bisa memiliki generasi yang memiliki cara pandang positif dan moderat dalam merawat keberagaman di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Kanwil Kemenag Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya mengungkapkan, launching ini turut dirangkaikan dengan diklat guru Pendidikan Agama Islam (PAI) lingkup Kota Kendari, yang sempat tertunda akibat pandemi dua tahun belakangan ini.

“Alhamdulillah hari ini salah satu agenda penting sudah terlaksana, dari program yang direncanakan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kemenag Kota Kendari. Sekaligus peserta Diklat di Makassar, dan salah satu program yang beliau rancang yakni sistem layanan informasi moderasi beragama dalam bentuk online,” pungkasnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan