295 Jemaah Haji Asal Kendari Resmi Dilepas

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir resmi melepas 295 orang calon jemaah haji yang akan diberangkatkan menuju tanah suci, 21 Juni mendatang.

Wali Kota mengatakan, seluruh jamaah harus menjaga kebersamaan dan kesehatan serta terus mengedepankan kemaslahatan. Sulkarnain pun mengaku senang karena Kita Kendari akhirnya bisa memberangkatkan jemaah ke Arab Saudi.

“Tentu ini membahagiakan betul yah, karena sudah 2 tahun belum ada kepastian keberangkatan. Alhamdulillah tahun ini di izinkan walaupun dengan pembatasan umur dan jumlah. Tapi paling tidak sudah ada yang bisa berangkat,” kata Wali Kota saat ditemui usai pelepasan calon jemaah haji, Kamis (16/6/2022).

Sulkarnain memastikan dalam pemberangkatan calon jemaah haji tahun ini, Pemkot turut menyediakan bantuan berupa penyediaan transportasi lokal agar jemaah bisa fokus untuk menunaikan ibadahnya. “Saya pesan kepada semua jemaah untuk menjaga kesehatan dan jaga stamina. Pastikan fokus untuk melaksanakan ibadah, adapun hal-hal lain nanti setelah hajinya tuntas baru di selesaikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Lalan Jaya mengutarakan, jemaah haji asal Kota Kendari yang resmi diberangkatkan mengalami peningkatan dari 294 menjadi 295 orang. Hal itu setelah 1 orang jemaah susulan dari kloter 7 ditarik ke kloter 6 emberkasi Makassar.

“Insyallah proses selanjutnya jemaah dari 17 Kabupaten/Kota akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Tenggara secara daring. Tapi, untuk Kota Kendari sudah dilakukan secara offline hari ini oleh pak Wali Kota,” tuturnya.

Ia berharap, para jemaah bisa menjalan ibadahnya dengan baik serta dapat sampai di tanah suci dengan selamat dan pulang dalam keadaan selamat. Lalan menambahkan pemerintah juga sebelumnya sudah memberikan layanan bagi para jemaah diantaranya layanan umum, kesehatan, dan bimbingan ibadah untuk mendapat gelar gaji mabrur.

“Pesannya, semoga jamaah tetap menjaga kesehatan dan banyak berdoa, seluruh tahapan haji juga bisa dijalankan dengan baik intinya adalah niat untuk beribadah,” ucapnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan