BPOM Kendari Ingat Masyarakat Bahaya Peredaran Kosmetik Ilegal

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Kosmetik menjadi salah satu indaman masyarakat khususnya kaum hawa. Namun kebanyakan masyarakat belum mengetahui efek samping dari penggunaan kosmetik yang layak dan tidak layak digunakan.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari, Yosep Nahak, menghimbau masyarakat pengguna kosmetik untuk lebih teliti dalam membeli on line maupun di pasar karena dampak negatif menggunakan kosmetik ilegal sangat berbahaya.

“Bisa menyebabkan infeksi mata, alergi, kangker hingga ginjal. Efeknya itu macam-macam, tergantung dari bahan apa yang digunakan. Pastinya kosmetik yang tidak memiliki izin itu sangat dianjurkan untuk tidak dipakai atau perlu dilalorkan,”Ucap Yosep, Jumat (17/6/2022).

Kata Yosep, tak hanya tiga efek tersebut, temuan kosmetik ilegal BPOM juga mengandung perawatan plastik dan bersifat karsinogenik seperti pewarna lainnya yang dilarang. Ada juga yang mengandung Methylchloroisothiazolinone (MCI), hidrokuin, hingga merkuri.

Melihat maraknya terjadi kasus tersebut, Yosep menawarkan tips kepada masyarakat untuk dapat tercegah dari kosmetik ilegal tersebut. Yakni dengan mengecek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa (Cek KLIK). “Bukan hanya BPOM saya yang akan bekerja tapi kami juga butuh peran masyarakat dalam membasmi peredaran kosmetik ilegal yang meresahakan,” tutupnya.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan