BMKG : Sultra akan Dilanda Cuaca Ekstrem, Waspada Gelombang Tinggi, Longsor dan Banjir

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sulawesi Tenggara (Sultra), mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dan tinggi gelombang dalam sepekan kedepan di sebagian wilayah kota, Kabupaten dan perairan di Sultra.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Kendari Sugeng Widarko mengatakan, kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya gelombang equatorial type Low di Sulawesi tenggara Bersamaan dengan itu, indek SOI dan ENSO signifikan dan Massa udara basah Lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Sultra sampai lapisan 700 mb mencapai 70 – 90%.

Kata dia, index labilitas ringan sampai sedang dan pola konvektif skala lokal di wilayah Sultra, beserta hangatnya suhu muka laut di wilayah sekitar terutama bagian perairan Baubau, perairan Wakatobi, perairan Menui Kendari dan Laut Banda. “Nah ini menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan cukup tinggi di wilayah Sulawesi Tenggara,” ujar Sugeng, Selasa (26/7/2022).

Berdasarkan pantauan pergerakan angin atau streamlinenya terpantau pergerakan angin dari Timur hingga Selatan memasuki Laut Banda Timur Sulawesi, perairan Wakatobi, perairan Baubau dan perairan Menui Kendari dengan kecepatan angin >20 Knots.

Oleh karena itu, tambah Sugeng, BMKG Sultra menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada akan dampak dari curah hujan tinggi yang dapat memicu Bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir badang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan Jalan licin.

Sugeng berharap agar masyarakat Sultra mewaspadai risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan terutama pelayaran dan area pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi yakni Perairan Manui Kendari , Perairan Baubau, Perairan Wakatobi, Perairan banggai bag Selatan, Teluk Tolo dan Laut Banda Timur Sultra.

“Masyarakat agar tetap memperbarui informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik di http://www.bmkg.go.id,”Jelasnya.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan