Tanpa Bunga, Baznas Kendari Siapkan Bantuan Modal untuk Pelaku Usaha

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Mendorong kebangkitan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari menyalurkan dana bantuan modal usaha.

Kepala Baznas Kota Kendari, Amri Natsir mengutarakan, program ini merupakan salah satu program baru dari Baznas bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra.

“Jadi ini memang bentuk kerjasama kami dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Pemerintah Kota Kendari, melalui Dinas Perdaganan, Koperasi dan UMKM dan juga Bank Sultra,” katanya Kamis (28/7/2022).

Lanjut Amri, program tersebut masih dalam tahap sosialisasi ke masyarakat, dan direncanakan akan berlaku mulai Agustus mendatang. Ini sebagai upaya Pemkot Kendari dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya para penerima manfaat.

“Jadi konsepnya itu nanti kita akan membina UMKM targetnya 500 pengusaha. Jadi mereka nanti bisa mengajukan permohonan peminjaman modal sekitar Rp. 5.000.000 ke Bank Sultra. Baznas ikut serta, jadi mereka tidak akan dikenakan bunga yang mereka angsur nanti sejumlah pinjamannya saja selama 1 tahun,” ujarnya.

Diharapkan dari program ini nantinya bisa membantu pemerintah dalam membangun ekonomi daerah melalui pembangunan sumber daya manusia.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: