Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Prof B di UHO, Massa Demo Tanyakan Sikap Rektor

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Puluhan masa aksi yang tergabung dalam Aliansi Anti Kekerasan Seksual melakukan unjuk rasa di depan Rektorat Universitas Halu Oleo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (29/7/2022).

Dalam aksi demonstrasi tersebut, mereka menuntut Rektor UHO mengambil sikap tegas memberikan sanksi terhadap oknum dosen prof B yang diduga kuat melanggar kode etik di UHO. Kemudian mengawal penuh secara hukum.

Diketahui, kasus pelecehan tersebut diduga dialami seorang mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO Kendari, Sultra. Pelaku diduga melakukan pelecehan seksual ini merupakan seorang dosen FKIP berinisial Profesor B.

Jendral Lapangan Aliansi Anti Kekerasan Seksual Poetra mengatakan, kasus ini merupakan bentuk kejahatan yang melecehkan dan menodai harkat kemanusian, ini bisa dikategorikan sebagai jenis kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) sebagaimana tercantum dalam peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI No 30 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di perguruan tinggi.

“Maka itu, kami mendesak pihak Kampus untuk membentuk satuan tugas (Satgas) pencegahan dan penaganan kekerasan seksual tingkat perguruan tinggi dalam waktu yang sesingkat singkatnya dan mendesak pihak kampus untuk melakukan pendampingan pemulihan kondisi psikologis dan mental korban,” ujar Poetra, Jumat (29/7/2022)

Dia berharap tuntutan yang disuarakan agar menjadi perhatian serius dari Universitas. Sebab hal tersebut tidak hanya berpotensi mencoreng nama baik kampus tetapi juga memberikan kesan bahwa kampus bukanlah tempat yang aman bagi perempuan khususnya dalam hal pelecehan seksual. “Ini harus ada sikap tegas,” tutupnya.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan