Upacara HUT RI ke-77 Berlangsung Khidmat di SMAN 8 Kendari, Kepsek : Jangan Terpengaruh Efek Negatif Globalisasi

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Hari Kemerdekaan Indonesia selalu disambut meriah oleh masyarakat Indonesia. Beragam kegiatan dan upacara bendera tiap tahun berlangsung semarak dan penuh khidmat. Seperti upacara bendera yang digelar SMA Negeri 8 Kota Kendari, Rabu (17/8/2022).

Memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus ke-77 RI. Kepala Sekolah SMAN 8 Kendari, Sarkia, S.Pd, M.Si bertindak langsung sebagai pembina upacara. Seluruh siswa hadir tepat waktu. Para siswa yang mengemban amanah pun sukses menjalankan tugas.

Kepala Sekolah SMAN 8 Kendari, Sarkia, S.Pd, M.Si

Kepsek mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan siswa yang telah menyukseskan kegiatan upacara bendera. Kata Sarkia, Indonesia khususnya Sultra patut bersyukur karena bisa melaksanakan upacara secara tatap muka. Sebab beberapa tahun sebelumnya bangsa dihadapkan oleh pandemi.

“Saya kira kita tahu bersama makna besar peringatan 77 Tahun Republik Indonesia adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,”. Nah kita tidak boleh menyerah dengan keadaan. Kita harus bangkit dan terus maju,” ujarnya, usai upacara.

Menurut Sarkia, untuk seluruh siswa sebagai generasi muda, perjuangan saat ini tidak lagi mengangkat senjata. Namun, belajar giat adalah cara meneruskan perjuangan pahlawan, mencontoh semangat juang dalam merebut kemerdekaan. Siswa harus semangat belajar demi membangun bangsa agar lebih kuat. “SMA Negeri 8 Kendari tidak kalah dengan sekolah lain. Banyak alumni kita sudah berhasil. Terus semangat dan pantang menyerah, jangan terpengaruh efek negatif globalisasi tapi ambil sisi positifnya,” terangnya.

Sarkia mengungkapkan, perjuangan menggapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Nah kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Semangat tersebut saat ini sedang dibuktikan melalui Presidensi G20 tahun 2022, dengan peran besar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

“Sudah ada contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar,” katanya.

Wanita berhijab ini pun mengucapkan selamat HUT Ri ke-77 untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Khususnya bagi guru, staf dan siswa SMAN 8 Kendari. “Tetap solid, mari lanjutkan gotong royong untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan