Jadi Ikon Wisata Baru, Patung Oputa Yi Koo Setinggi 23 Meter Dibangun Di Baubau

HALUANSULTRA.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memiliki icon wisata baru. Pemprov siap membangun patung monumen perjuangan pahlawan Sultra asal Buton, Sultan Himayatuddin Muhammad Saiddi (Oputa Yi Koo) setinggi 23 meter di pantai Kotamara, Kota Baubau. Hadirnya patung tersebut tentu akan banyak dikunjungi. Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan bahwa patung monumen tersebut dibangun di atas air yang akan dikelilingi oleh ruang terbuka hijau. Posisi patung akan menghadap dan menunjuk ke arah Pulau kabaena.

“Tanggal 22 nanti kita akan lakukan groundbreaking untuk penetapan batu pertamanya,” ucap Pahri melalui telepon Whatsapp pada Sabtu (17/9/2022). Ia mengatakan, progres pembangunan patung tersebut menunggu tiang pancang yang sedang dalam perjalanan dari Surabaya. Pembangunan tersebut diharapkan akan menjadi salah satu ikon Kota Baubau dan Sultra yang dapat menarik wisatawan untuk meningkatkan ekonomi yang berjalan disekitar monumen tersebut, ekonomi Kota Baubau dan ekonomi Sultra.

Filosofi patung Oputa Yi Koo disebut sebagai penghargaan untuk Sultan Buton ke-23 yang telah diakui pemerintah sebagai pahlawan satu-satunya dari Sultra. Pembangunan patung ini jug dimaksudkan agar masyarakat Sultra khususnya Baubau bisa menghargai sejarah masa lalu. Adapun anggaran pembangunanya mencapai Rp17 miliar, yang diperkirakan akan rampung pada Desember 2023. (HS)

Tinggalkan Balasan