Pj Wali Kota Kendari Serahkan Zakat ASN untuk Modal Usaha Warga

HALUANSULTRA.ID – Sebanyak 37 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Kendari, menerima bantuan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS). Zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari yang dihimpun melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ini diserahkan langsung Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Jumat (28/10/2022). Menurut Pj Wali Kota, bantuan yang dierikan sangat dibutuhkan masyarakat khususnya para pelaku usaha UKM. Ia pun menginginkan para pelaku usaha bisa menggunakan dana sebaik mungkin agar bisa membantu perekonomian keluarga. ” Penyerahan ZIS ini bertahap. Semoga seluruh UKM bisa mendapat dana zakat,” katanya.

Untuk itu, Pj Wali Kota Kendari mengharapkan ASN lingkup Pemkot Kendari membayarkan zakatnya, dan 2023 zakat ASN yang dibayarkan dapat meningkat. “Kita harapkan ASN membayar zakat bagi yang muslim, karena memang itu ketentuannya dua setengah persen, dan mudah-mudahan di tahun 2023 dapat meningkat,” harap Penjabat Wali Kota.

Sementara itu Kepala Baznas Kota Kendari Amri Natsir mengatakan, bantuan hari ini diserahkan untuk 36 UMK, yang memang membutuhkan bantuan modal usaha. Bantuan modal ini dikumpulkan dari zakat ASN se Kota Kendari. Dirinya memperkirakan bahwa potensi zakat di Kota Kendari dapat mencapai Rp5 miliar dalam satu tahun, karena didukung dengan jumlah ASN yang mencapai sekira 3.000 orang.“Kalau semua orang menyalurkan zakatnya ke Baznas, maka makin banyak yang bisa kita bantu,” ucapnya. (HS)

Tinggalkan Balasan