Pemkot Kendari Punya 33 Kampung Keluarga Berkualitas dan Dapur Sehat

HALUANSULTRA.ID – Pemerintah kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kembali melaunching Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Dan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Kelurahan Lalodati dan Kelurahan Alolama. Total saat ini di Kota Kendari telah terbentuk 33 kampung KB dari seluruh kecamatan.

Program Kampung KB digalakkan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat, melalui peningkatan delapan fungsi keluarga yaitu fungsi ekonomi, lingkungan, agama, sosialisasi dan pendidikan, kasih sayang, perlindungan, budaya, dan reproduksi. Melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi yang diberikan, maka akan mempercepat pencapaian tujuan kampung KB seperti meningkatkan kepesertaan ber-KB, menurunkan Unmeet Need, penurunan angka kemiskinan, munurunkan angka stunting, dan menurunkan angka kematian ibu dan anak akan terlaksana.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, mengungkapkan Kampung keluarga berkualitas merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam nawacita pemerintah saat ini, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi kewilayahan dan pembinaan karakter keluarga.. Hal ini dimaksudkan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi kewilayahan, dan pembinaan karakter keluarga. “Dimana kampung keluarga kualitas ini dilaksanakan di satuan wilayah setingkat RT atau RW,” jelasnya., saat melaunching kampung keluarga berkualitas dan dapur sehat atasi stunting tingkat kecamatan tahun 2022 di Kelurahan Lalodati, Selasa (29/11/2022).

Kata Pj, point utama dari keluarga berkualitas ini adalah integrasi atau keterpaduan program pemerintah keluarga berencana dan pembangunan keluarga sendiri. “Jadi kampung berkualitas ini tegak dan terperpadu antar sektor-sektor terkait dalam upaya mewujudkan yang berkualitas dimana program ini adalah untuk melaksanakan fungsi-fungsi keluarga,” tambahnya.

Sementara Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Jahuddin dalam sambutannya mengungkapkan, kampung berkualitas di Kota Kendari hari ini berjumlah 33 termasuk di Kelurahan Lalodati. Kampung berkualitas ini sebelumnya adalah kampung KB yang dilaunching oleh bapak Presiden RI Jokowi pada tanggal 12 Januari 2016 secara nasional. Dia juga menuturkan, tujuan kampung berkualitas ini adalah untuk menggaungkan kembali program BKKBN.

“Setelah perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi, program BKKBN itu seolah-olah redup, setelah itu diaktifkan karena penguatan sumber daya manusia pengelola program di lapangan sangat lemah,” tambahnya. Untuk diketahui, dalam kegiatan launching ini dihadiri Asiten III Setda Kota Kendari, Kadis Kesehatan, Kadis PUPR, Sekretaris Bappeda dan Kadis Kominfo Kota Kendari. (HS)

Tinggalkan Balasan