Pj Walikota Kendari : Polisi Garda Terdepan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

HALUANSULTRA.ID,KENDARI- Menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Kepolisian Resort Kota (Polresta) Kendari memastikan tahun baru ini berjalan dengan aman. Asmawa, menjelaskan Pemkot mendukung pengamanan dan kelancaran tahun baru khususnya pelaksanaan ibadah, transportasi dan kebutuhan pangan. “Oleh karena itu, melalui OPD terkait kami memberikan dukungan kepada kepolisian, selaku garda terdepan dalam pengamanan Nataru ini,” ungkapnya, usai mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor Tingkat Menteri dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui video conference di Aula Polresta, Jumat (16/12/2022).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo, mengatakan saat ini Indonesia sedang dalam masa transisi akibat pandemi COVID 19. Namun perkembangan COVID 19 di Indonesia saat ini menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, terdapat sekitar 16,35 persen masyarakat yang akan berpergian jelang Nataru ini. “Jelas ada 44,9 juta masyarakat yang akan menggunakan sarana transportasi,” katanya.

Meski Nataru tahun 2021, sebelumnya jumlah masyarakat yang bepergian lebih banyak dibanding tahun ini, kepolisian akan tetap melakukan persiapan pengamanan dengan menurunkan sekitar 166.000 personil. Pelaksanaan pengamanan ini, bakal berlangsung selama 11 hari mulai tanggal, 23 Desember 2022, hingga 2 Januari 2023. Lanjutnya, Personil yang diterjunkan itu melibatkan Polri, TNI, stakeholder serta masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam pengamanan Nataru 2023. (HS)

Tinggalkan Balasan