Pemkot Kendari Terus Kembangkan Inovasi Berbasis Teknologi Informasi

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Muhammadiyah Kendari, dengan tema yang bertajuk “Implementasi Innovative Government Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah”, Kamis (29/12/2022).

Asmawa Tosepu mengungkapkan, implementasi dan transformasi digital di sektor pemerintah dapat menumbuhkan cara kerja dengan baik. “Contohnya seperti, teman-teman bisa bekerja di rumah maupun kerja dimana saja, tapi itu merupakan program dengan syarat kerja yang baru. Tentu ini tidak bisa sendiri, harus melalui sinergi dan kolaborasi,” ungkap Asmawa. Dia juga mengatakan, pemerintah pusat sudah membangun sistem informasi agar pemerintah daerah, dapat mengintegrasikan seluruh aspek atau dimensi pengelolaan pemerintah di daerah.

“Mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan penganggaran dan evaluasi, pengawasan, sampai audit, dan manajemen aset pemerintah daerah,” kata Pj Wali Kota. Karena melalui sistem integrasi, maka diyakini pemerintah akan lebih transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. “Pemerintah Kota Kendari, sudah mempunyai beberapa sistem informasi yang merupakan inovasi misalnya, inovasi pelayanan dalam hal kependudukan dan pelayanan publik yang bernama Laika, saya pikir Pemkot tidak tertinggal dalam hal inovasi yang berbasis teknologi informasi,” jelas Pj Wali Kota .

Selain itu, Kepala Biro Umum Kemendagri RI ini menyampaikan, kedepannya Pemkot akan terus memperkuat inovasi-inovasi yang dimiliki, bahkan ada hal baru yang akan dikembangkan. “Termasuk gagasan untuk kerjasama, memperkuat kerjasama Pemerintah Kota dengan Universitas Muhammadiyah Kendari, baik dari sisi proses belajar mengajar, termasuk bagaimana memanfaatkan potensi yang ada di UMK ini, dengan kampus mengajar di sekolah-sekolah,” kata Asmawa. (HS)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: