Dirut Perumda Pasar Prediksi Surplus Tahun 2023 Capai Rp5 Miliar

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Perumda Pasar, membahas rencana pengelolaan 12 pasar yang ada di Kota Kendari. Rapat yang dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala, berlangsung di Ruang Pola, Kantor Balai Kota Kendari, Rabu (04/01/2023).

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, Perumda Pasar menawarkan solusi pengelolaan pasar kepada Pemkot,yang dapat menghadirkan pasar yang layak, serta berkontribusi dalam menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ada solusi yang ditawarkan Perumda Pasar untuk pengelolaan nanti, namun banyak juga saran dari kepala OPD terkait,” ujar Asmawa. Terlebih Saat ini, menjelang berakhirnya waktu pengelolaan pasar oleh PT Kurnia, di Pasar Basah Mandonga pada Februari 2023 mendatang.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Pasar Saipuddin menjelaskan, rencana kerja jangka panjang Perumda Pasar Kota Kendari fokus pada 4 hal yaitu, Bakal mewujudkan Perumda Pasar menjadi perusahaan yang sehat, dalam pengelolaan dan pelayanan bakal membuka layanan kesehatan, pembayaran pajak serta pengurusan surat-surat di wilayah pasar, guna memudahkan pedagang maupun pelanggan.

Ia mengatakan, berbagai macam permasalahan pengelolaan pasar di Kota Kendari diantaranya, mengenai kebersihan dan saluran pembuangan air yang tersumbat. “Kondisi pasar yang banyak sampah dan semrawut, saluran pembuangan air yang tersumbat sehingga menyebabkan air merembes ke basement,” kata Saipuddin.

Dirut Perumda Pasar ini berharap, pengelolaan pasar oleh Perumda, akan berdampak kepada pasar-pasar yang ada di Kota Kendari, sehingga dapat memberikan PAD yang besar. Ia memprediksi Surplus pada tahun 2023, dapat diperoleh sebesar Rp 5.978.552.500. Dengan nilai pendapatan sebesar Rp. 12.450.375.000 pada tahun yang sama. (HS)

Tinggalkan Balasan