Satgas Penataan Kota Bergerak, Tim Dibagi Dua

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Satgas Penataan Kota kembali menjalankan tugasnya, salah satunya menebang pohon di ruas jalan protokol. Satgas mulai melakukan penebangan, tim satu bertugas di poros Kapten Piere Tendean depan Taman Makam Pahlawan Watubangga Baruga, sedangkan tim dua bertugas menangani pohon yang berada di Poros M Yamin depan kantor Kecamatan Puuwatu, Kendari, Selasa (10/01/2023).

Tim yang bertugas di Kecamatan Puuwatu, hari ini berhasil menebang dua pohon besar di depan Kantor Kecamatan Puuwatu, sedangkan tim di Kecamatan Baruga, hanya menebang satu pohon serta memangkas sejumlah dahan, di depan taman Makam Pahlawan Watubangga.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari Paminuddin menjelaskan, sesuai arahan Pj Wali Kota Kendari, tim dibagi menjadi dua, agar penanganan pohon rawan tumbang atau berbahaya cepat ditangani.

“Yang dilakukan adalah semua pohon yang berbahaya dan potensi membahayakan masyarakat, pengguna jalan maupun pejalan kaki kita rapikan atau ditebang, kalau tidak bisa dipertahankan kita tebang,” jelas Paminuddin. Sebelum melakukan penebangan, Satgas akan mendata pohon tersebut sebagai pertanggungjawaban.

Tim dibagi menjadi 40, setiap grup yang terdiri dari beberapa OPD yang terlibat dalam Satgas, sehingga pekerjaan lebih dimudahkan. Tim satu dipimpin Asisten 1 Amir Hasan Sebagai Ketua Satgas, sedangkan tim dua dipimpin Kalak BPBD Paminuddin. Pohon yang habis ditebang, selanjutnya dipotong-potong dan diangkut kemudian dibuang di tempat pembuangan sampah.

Satgas juga memohon maaf selama melakukan tugasnya, mengganggu aktivitas lalulintas, karena beberapa ruas jalan harus ditutup atau dialihkan, untuk menghindari hal yang tak diinginkan saat penebangan pohon. Satgas berharap, proses kerja mereka bisa berjalan aman hingga tugas berakhir. (HS)

Tinggalkan Balasan