Menhan Menyambut Dubes Kazakhstan Bahas Kerja Sama Pertahanan

HALUANSULTRA.ID – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar Kazakhstan H.E. Mr Daniyar Sarakenov, pertemuan ini membahas upaya membangun kerja sama pertahanan kedua negara. di Kemhan, Jakarta, Jumat (13/01/2023).

Menhan menjelaskan, dalam membangun kerja sama pertahanan, Indonesia berpedoman pada tiga pilar kebijakan yaitu, membangun rasa saling percaya, membangun kapasitas pertahanan, dan mendorong kemandirian industri pertahanan.

Prabowo menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar Kazakhtan H.E. Daniyar Sarakenov, yang telah berperan aktif dalam menyukseskan hubungan bilateral kedua negara, khususnya dalam bidang pertahanan.

Menhan berharap, dapat menjajaki berbagai potensi kerja sama seperti, pengembangan pendidikan militer, pengembangan teknologi pertahanan, dan peluang lain yang dapat dijajaki bersama. “Dalam bidang industri pertahanan, Indonesia berharap dapat menjalin kerja sama melalui mekanisme alih teknologi.

Letter of Intent antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan Kementerian Pertahanan Republik Kazakhstan, telah diteken secara sirkuler oleh Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia, M. Herindra pada 29 Juni 2021, di Jakarta, pada 3 September 2021, di Nur Sultan oleh Wakil Menteri Pertahanan Republik Kazakhstan.

Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi, kunjungan pejabat tinggi dan pejabat tingkat operasional, promosi kerja sama pendidikan dan pelatihan, pertukaran pengalaman di bidang kegiatan pemeliharaan perdamaian, serta bidang kerja sama lain yang dapat disepakati bersama. (HS/HUMAS)

Tinggalkan Balasan