Wapres RI Tekankan Pentingnya SDM Unggul Bagi Estafet Kepemimpinan Bangsa

HALUANSULTRA.ID – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin menekankan, pentingnya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang akan menjadi pembawa estafet kepemimpinan bangsa, Jakarta, Minggu (22/01/2023).

“Salah satu prioritas negara saat ini adalah memastikan terwujudnya Sumber Daya Manusia Indonesia unggul, yaitu generasi muda pembawa estafet kepemimpinan bangsa,” ungkap Wapres RI. Hal tersebut disampaikan Ma’ruf Amin, secara daring kepada seluruh peserta Wisuda Sarjana angkatan XXVI, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta.

Ma’ruf Amin menyampaikan, sebuah bangsa wajib memiliki SDM unggul sebagai kunci menciptakan kemakmuran di bumi, dan pendidikan menjadi faktor utama dalam mencetak generasi unggul, yang berdaya saing serta memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi.

Wapres RI menambahkan, ada dua faktor esensial mengenai penciptaan SDM unggul, yaitu SDM yang memahami ilmu agama serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus berjalan beriringan. Pada kesempatan itu, Wapres RI berpesan kepada STAI Shalahuddin Al-Ayyubi, untuk meningkatkan tata kelola serta mutu layanan pendidikan.

Ma’ruf Amin menekankan, pada era digitalisasi saat ini arus informasi tersebar cepat, sehingga diperlukan upaya para pemangku kepentingan melalui penguatan nilai-nilai karakter kebangsaan, yang menjadi fondasi utama dalam mencegah masuknya paham lain yang tidak sejalan dengan Pancasila.

Ma’ruf Amin mengingatkan, bahwa pembentukan karakter bukan merupakan proses yang didapatkan secara instan, sehingga harus dikembangkan secara bertahap dan berkelanjutan sejak dini, salah satunya melalui pendidikan keagamaan. (HS/FZ)

Tinggalkan Balasan