Gempa Magnitudo 4.1 Guncang Muna Barat

HALUANSULTRA.ID – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah lawa Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Kamis, 9 Februari 2023, pukul 00:01:57 Wita. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa ini berkekuatan Magnitudo (M=4.1).
Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.92 LS, 122.58 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5.2 km, Tenggara Lawa, pada kedalaman 3 km.

“Kalau memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Buton A di Tenggara Lawa, Muna Barat,” kata, Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T, Kamis, Kendari, 09 Februari 2023.

Menurut Rudin, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Muna Barat III-IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Muna III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Nah, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.
“Sampai pukul 00.35 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” bebernya.

Meski begitu, kata Rudin, gempa kembali terjadi namun relatif kecil. ” Untuk gempa kedua terjadi 00:39:43 WITA, Lok:4.87 LS, 122.59 BT(4.2 km Timur Laut Lawa, Kab. Muna Barat – Sultra), kedalaman 3 km. Dirasakan II MMI di Muna Barat,” tambah Rudin.

Kepada masyarakat, lanjut Rudin, dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tutup Rudin. (HS)

Tinggalkan Balasan