Pemkot Kendari Ikuti Ritual Adat Mo’oli

HALUANSULTRA.ID,KENDARI- Lembaga Adat Tolaki (LAT) melakukan prosesi ritual adat Mo’ oli dalam rangka melestarikan budaya lokal suku Tolaki, sekaligus prosesi untuk menempati gedung baru. Prosesi ritual tersebut, dilaksanakan di Kantor Baru, Balai Kota, Kendari, Kamis (09/02/2023).

Ritual Mo’ oli ini diyakini terdapat makhluk O wali atau jin, yang dipercaya menghuni tempat-tempat tertentu. Ritual Mo’oli masyarakat Tolaki dilaksanakan pada saat ada pembangunan gedung perkantoran, rumah tinggal, jembatan, pembuatan jalan raya dan sebagainya di tempat-tempat yang baru dibuka.

“Yang kita lakukan hari ini adalah budaya, adat-istiadat suku Tolaki, kita mintakan kantor ini sebagai sumbuh pemerintahan di Kota Kendari ini, kita ingin supaya kantor ini ada manfaatnya untuk semua, bukan hanya yang ada di Kota Kendari,” papar pemuka adat tolaki.

Untuk diketahui, bahwa pelaksanaan ritual Mo’oli, sedikit mengalami pergeseran, yang ditandai dengan masuknya akulturasi agama Islam, bahwa segala sesuatu yang dilaksanakan adalah atas kehendak dan seizin Allah. Meski segala prosesnya tetap seperti ritual yang lama.

Turut hadir dalam prosesi ritual ini, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala, bersama kepala OPD, camat beserta lurah. (HS)

Tinggalkan Balasan