Pj Wali Kota Kendari Serahkan Piala Adipura kepada Perwakilan Masyarakat

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menyerahkan, Piala Adipura kepada perwakilan masyarakat yakni, Anggota DPRD Kota Kendari Abdul Razak, di Lapangan Upacara Balai Kota, Kendari, Rabu (01/03/2023).

Asmawa Tosepu mengatakan, Piala Adipura merupakan pengakuan pemerintah pusat kepada Kendari khususnya kepada masyarakatnya. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat, melalui upaya pengelolaan dan penataan lingkungan perkotaan yang baik, bersih dan teduh, termasuk pengelolaan sampah.

Berdasarkan hasil evaluasi maupun verifikasi kinerja pemerintah daerah dan berbagai elemen. “Ini adalah penghargaan yang kesebelas kali, setelah beberapa saat terhenti baik karena memang penilaian tidak ada atau tidak masuk nominasi. Maka, kembali pada 2022 Pemkot Kendari diberi pengakuan penghargaan, bahwa dari 514 kabupaten kota di Indonesia, Kota Kendari masuk dalam 80 penerima piala Adipura,” kata Pj Wali Kota Kendari.

Tak lupa, Pj Wali Kota Kendari didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengucapkan, terima kasih kepada seluruh masyarakat, OPD Lingkup Pemkot Kendari, Forkopimda, khususnya para petugas kebersihan (pasukan kuning) yang telah mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Selanjutnya, Kepala Biro Umum Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) ini juga mengatakan, usai menerima Piala Adipura, Kendari bersama Tim Penataan Kota yang dipimpin oleh Asisten I Setda Kota Kendari Amir Hasan, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) telah menyiapkan sekitar 2000 bibit pohon yang bakal ditanam, pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Kendari.

Selain itu, untuk mendukung pengelolaan sampah, Pemkot bakal menyediakan tempat sampah untuk masing-masing rumah tangga. “Ini juga butuh dukungan, terutama teman-teman lurah, camat bagaimanapun juga disosialisasikan di tingkat masyarakat,” harapnya.

Saat tiba di bandara Halu Oleo, Pj Wali Kota Kendari didampingi Pj Ketua TP PKK menyerahkan, piala Adipura kepada Sekretaris Daerah Kota Kendari. Piala kemudian diarak dari Bandara Halu Oleo, menuju kantor Balai Kota untuk dilakukan upacara. Turut hadir dalam penyerahan Piala Adipura ini, Camat dan Lurah se-Kota Kendari, Kepala OPD, dan Petugas Kebersihan. (HS)

Tinggalkan Balasan