Nikmati Ikan Bakar di Konawe Kepulauan, Lezat dan Super Segar

HALUANSULTRA.ID, KONAWE KEPULAUAN – Gurih dan kaya rasa, berbagai hidangan restoran ikan bakar tak pernah gagal membuat nafsu makan meningkat. Lembutnya daging ikan segar semakin nikmat diolah dengan cara dibakar. Proses pembakaran memberikan aroma smokey, apalagi ditambah racikan bumbu yang khas membuat olahan ikan tentu terasa spesial.

Nah, jika berdomisili di Kabupaten Konawe Kepulauan, provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), atau yang sedang berwisata ke Kabupaten ini, ada rumah makan ikan bakar yang bisa dicoba. Namanya, Warung Kita Langara. Rumah makan tersebut berada di jalur poros pelabuhan. Tepatnya berada di Desa Langara Iwawo, Kecamatan Wawaonii Barat. Hanya tiga menit dari pelabuhan Wawonii.

Sebagai wilayah pesisir yang dikelilingi garis pantai dan berhadapan dengan laut banda, memang tidak sulit untuk menemukan ikan segar di Konkep. Ya, perikanan memang menjadi sektor primadona yang terus dipertahankan masyarakat setempat hingga saat ini. Warung Kita Langara pun hadir dengan beragam menu ikan bakar. Disajikan di tempat makan yang sederhana, Ikan Bakar Ibu Nirna mampu menawarkan berbagai pilihan jenis ikan dan seafood.

Ikan saos tumis yang disajikan RM Warung Kita Langara. Menu ini kerap dipesan pengunjung.

Beberapa jenis ikan yang disajikan di sini juga dijaga kesegarannya, sehingga rasa dagingnya tetap lembut dan manis. Mulai dari ikan kakap merah, ikan kurapu, ikan putih, ikan rumah-rumah dan lainnya.Lalu ada juga sayur bening, cah kangkung, ayam goreng maupun ayam bakar. Dibuka sejak beberapa tahun lalu, rumah makan ini bisa menjadi rujukan. Sajian yang gurih dan lezat membuat resto ini jadi incaran pencinta kuliner.

Kepada Haluansultra.id, sang owner RM Warung Kita Langara, Nirna, mengungkapkan niat membuka usaha rumah makan di Konkep karena melihat potensi hasil laut yang sangat melimpah. Apalagi, bisnis kuliner merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena makan adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Secara perlahan, usaha yang digeluti pun mengalami kemajuan, dengan menawarkan beragam menu menarik. Misalnya, ikan bakar rica-rica dan ikan bakar polos.

Sayur pakis tumis, salah menu yang disajikan RM Warung Kita Langara.

Bicara rica-rica, memang populer dicampur dengan olahan daging ayam. Namun, di Warung Kita mereka memadukan bumbu rica-rica dengan ikan bakar, sehingga menciptakan menu nikmat yang begitu menggugah selera. “Kalau untuk bumbu kami gunakan bumbu tradisional. Kalau soal hidangan, kami disini tergantung pesanan. Mau ikan apa, dibakar rica-rica, bakar kosong atau masak palumara, kami siap selalu,” terangnya.

Selain menawarkan hidangan yang lezat, tempat makan yang satu ini juga dikenal ramah untuk didatangi bersama keluarga. Tidak heran mulai Gubernur Sultra, Bupati dan Wakil Bupati Konkep, hingga pejabat OPD kerap mengunjungi Warung Kita. Bahkan sejumlah wisatawan yang berkunjung selalu mampir. Menurut Nirna, selain cita rasa, kebersihan, pelayanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama.

Ikan segar yang disiapkan Rumah Makan Warung Kita Langara.

Kebersihan di lingkungan rumah makan sangat penting karena yang pertama dilihat oleh pengunjung adalah kebersihan. “Jika terlihat kotor dan tidak terawat, kepercayaan dan kenyamanan pengunjung akan restoran tersebut juga akan berkurang. Restoran yang bersih akan membuat pengunjungnya merasa nyaman dan mau untuk kembali lagi,” sambung Nirna.

Adapun soal harga bervariasi dan masih terjangkau. Ikan bakar dibanderol mulai Rp 30 Ribu hingga tertingg Rp 150 Ribu, semua tergantung pesanan. Untuk ikan termahal yaitu Kakap Merah. Kata Nirna, pengunjung sangat ramai biasanya pada hari kerja. Termasuk jika ada tamu yang hadir di Kabupaten Konawe Kepulauan. “Kalau untuk pengunjung yang datang tidak bisa kita total, karena semua tergantung sikon ya. Tapi sykur alhamdulillah selalu ramai. Kami memang menargetkan, pengujung yang sudah rasa menu Warung Kita kembali lagi,” terangnya.

Nirna pun menilai, membuka usaha kuliner di Konkep sebagai salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara, yang memiliki berbagai spot wisata akan maju dan berkembang. Sebab daerah yang saat ini dipimpin H. Amarullah memiliki wisata Pantai Kampa, Batu Belah, Air Panas, Air Terjun Tumburano, Sungai Mosolo hingga pantai Tengkera. Mereka yang berkunjung pasti juga akan mencari kuliner, salah satunya ikan bakar segar di Warung Kita Langara.

Pengunjung yang datang untuk makan bersama keluarga di RM Warung Kita Langara.

Sementara itu, salah seorang pengunjung di RM Warung Kita, Vivin, mengatakan jika rumah makan tersebut memang sangat populer di Konkep karena rasanya yang lezat dan nikmat. Ia mengaku kerap mampir untuk makan siang bersama rekan-rekan mencicipi ikan bakar segar. “Kalau di Konkep resto ini kerap jadi lokasi makan saya. Rasanya enak bro, kalau sudah pernah rasa, pasti akan ketagihan,” tutupnya.

Ia menambahkan, potensi berkembangnya sektor usaha di bidang informal seperti usaha kuliner sangatlah besar, namun usaha tersebut harus mendapat sokongan dari pemerintah daerah. “Bisnis ini sangat menjanjikan. Tapi kalau mau maju memang harus ada perhatian dari pemerintah. Misalnya bantuan modal, juga pelatihan untuk para pelaku usaha,” tutupnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan