Kabar Baik bagi Honorer K2, di Daerah Ini bakal Diproses Jadi PNS

HALUANSULTRA.ID – Kabar baik bagi honorer khususnya di Kabupaten Jayapura, Papua. Pemerintah menegaskan, memberi perhatian khusus kepada para tenaga kerja kontrak atau honorer Kategori-2 (K2). Mereka akan diproses menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut, disampaikan di Jayapura, Kamis (09/03/2023). Seperti yang dilansir dari laman herald.id.

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan, khusus honorer K2 yang telah lama mengabdi akan diproses menjadi PNS. Ia menegaskan, proses menjadi PNS tetap dengan standar dan ketentuan berlaku. Meski demikian, ia berjanji akan membantu mereka.

“Bagi honorer K2 yang belum terakomodir segera bertemu saya, apalagi yang sudah lama mengabdi tapi belum diangkat-angkat harus dibantu,” katanya. Menurut Purnomo, lamanya masa pengabdian para honorer K2, menjadi pertimbangan pemerintah untuk memproses jadi PNS.

Ia menegaskan, mereka bukan pencari kerja tetapi sudah berbakti bertahun-tahun bagi negara. “Saya apresiasi bagi tenaga honorer yang sudah lama mengabdi, meskipun dalam waktu yang tidak singkat menanti kepastian status tetapi, setia mendedikasikan dirinya untuk negara di kabupaten ini,” jelasnya.

Honorer K2 sendiri terbagi dalam tiga kategori yakni, Orang Asli Papua (OAP) asal Jayapura 60 persen, kemudian OAP selain dari Kabupaten Jayapura, dan non OAP masing-masing 20 persen. “Jadi ada tiga kategori yakni OAP yang adalah orang asli Jayapura, lalu OAP yang bukan asli dan non OAP,” ungkapnya.

Tenaga honorer K2 di Jayapura kurang lebih 1.000 orang, siapa yang masa pengabdiannya lebih lama akan menjadi prioritas untuk diakomodir menjadi pegawai negeri sipil. “Bagi para honorer K2 harus bersabar sebab, pemerintah tidak menutup mata, kami akan mengakomodir terutama yang sudah sangat lama mengabdi,” jaminnya. (HS)

Tinggalkan Balasan