Menteri Keuangan : Pelaporan SPT di 2023 Naik 20 Persen dari 2022

HALUANSULTRA.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, masyarakat masih antusias melaporkan pajak. Hal itu, terlihat dari jumlah pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pribadi yang meningkat hingga 20 persen dari tahun lalu. Hal tersebut, disampaikan di Surakarta pada Jumat (10/03/2023).

Tercatat jumlah pelapor pajak di 2023 sementara ini, mencapai 6,6 juta wajib pajak. Sementara pada 2022, hanya 5,5 juta wajib pajak yang melapor. “Tadi yang disampaikan Bapak Presiden adalah untuk penyerahan SPT orang pribadi, kemudian jumlahnya meningkat dari tahun lalu, tadinya 5,5 ke 6,6. Jadi kenaikannya itu lebih dari 20 (persen),” ujar Sri Mulyani.

Menkeu mengaku, senang lantaran masyarakat Indonesia telah melaksanakan kewajibannya. Apalagi, pelaporan pajak kini semakin mudah setelah kehadiran e-Filing yakni, cara pelaporan SPT Pajak secara online melalui website Direktorat Jenderal Pajak (DJP Online).

“Kami sangat senang, tentu bahwa masyarakat melakukan pelaksanaan kewajiban undang-undang dan terutama melalui e-Filing,” jelas Menkeu. Sri Mulyani menyatakan, bakal terus mengawal pelaporan SPT oleh masyarakat sampai akhir tahun nanti.

Ia juga menyampaikan, bahwa penerimaan pajak secara total sampai Februari 2023, naik 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, ia tidak membeberkan berapa angka pastinya. “Nanti saya akan ada konferensi pers khusus untuk itu. Biasanya kami lakukan minggu depan mengenai kondisi APBN seluruh penerimaan pajak,” ujar Sri Mulyani. (HS/NDT)

Tinggalkan Balasan