Berlindung di Rumpon Ikan Saat Cuaca Buruk, Nelayan Asal Batauga Ditemukan Selamat

HALUANSULTRA.ID – La Ode Arsit, nelayan nelayan yang hilang Rabu 29 Maret disekitar perairan sebelah selatan Pulau Siompu Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, ditemukan selamat. Pria 56 tahun warga Desa Pogalampa, Kecamatan Batauga ini ditemukan tim SAR pukul 04.03 Wita.

Korban ditemukan dalam keadaan selamat sekitar 5,79 mil laut dari lokasi awal dilaporkan hilang. La Ode Arsit berada di rumpon beserta longboat milik korban yang mengalami kerusakan mesin pada saat cuaca buruk. “Korban ini tidak dapat pulang dan memutuskan untuk berlindung di Rumpon ikan,” ujar Rudi, Plt. Ķepala KPP Kendari.

Selanjutnya korban dievakuasi menuju Desa Bola Kecamatan Batauga. Nah dengan ditemukannya korban tersebut dalam keadaan selamat, Ops SAR terhadap 1 orang nelayan yang hilang disekitar Perairan sebelah selatan Pulau Siompu Kab. Buton Selatan dinyatakan selesai dan ditutup seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Sebelumnya, Rabu 29 Maret 2023 pukul 05.30 Wita korban bersama 3 orang rekannya keluar mencari ikan sekitar 10 – 15 NM dari Tanjung Desa bola di sebelah selatan pulau siompu. Mereka masing-masing menggunakan longboat.

Kebiasaan mereka kembali dari melaut pukul 12.00 Wita. Pada saat tiba di lokasi , korban dan rekannya mencari ikan di tempat yang berbeda. Siang hari sempat terjadi cuaca buruk sehingga rekan korban memutuskan untuk pulang. Saat mereka tiba di darat, korban tidak ada diantara mereka. (HS)

Tinggalkan Balasan