Jokowi Sebut Nama-nama Cawapres untuk Dampingi Ganjar

HALUANSULTRA.ID – Presiden Joko Widodo sudah menyebut sejumlah figur yang dianggap cocok mendampingi Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Tim Ganjar Pranowo saat ini menghitung-hitung elektabilitas figur-figur yang disebut-sebut Jokowi itu. Nama-nama dimaksud antara lain, Eric Thohir, Sandiaga Uno, Prabowo Subianto dan beberapa nama lain. Jokowi menyebut itu usai melaksanakan salat Id di Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah. Ganjar mendampingi Jokowi saat itu.

“Ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno, banyak kan. Ada Pak Mahfud, Pak Ridwan Kamil, banyak. Siapa lagi, ada Cak Imin, Pak Airlangga, banyak,” ujar Jokowi sambil senyum. Sementara itu Ganjar Pranowo mengatakan, untuk cawapres dirinya perlu waktu dan kerjasama dengan partai lain. “Cerita cawapres pasti akan menunggu kerja sama antarpartai, tentu saja dari PDIP pasti sudah menyiapkan beberapa nama. Kemarin Pak Jokowi juga sudah ikut nimbrung diskusi, jadi sabar saja,” ungkap Ganjar.

Lantas bagaimana elektabilitas figur-figur yang disebut Jokowi? Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis elektabilitas tokoh dalam bursa cawapres pada awal April lalu. Hasilnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang berada di posisi teratas. Adapun survei dilakukan pada periode 31 Maret-4 April 2023 dengan total 1.229 responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Tenik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui telepon. Margin of error survei ini sekitar ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Terkait bursa cawapres, LSI memberikan 8 nama tokoh yang masuk bursa cawapres. Responden diberikan pertanyaan ‘Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang ibu/bapak anggap paling pantas sebagai calon wakil presiden di antara nama-nama berikut?’.

Hasilnya Ridwan Kamil berada di posisi teratas dengan suara 19,62%. Di posisi kedua Menparekraf Sandiaga Uno dengan angka yang tidak beda jauh yakni 18,9%. Sementara di posisi ketiga diisi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dengan suara 13,0%.

Berikut data lengkapnya:

  1. Ridwan Kamil 19,62%
  2. Sandiaga Uno 18,9%
  3. Erick Thohir 13,0%
  4. Agus Harimurti Yudhoyono 9,1%
  5. Khofifah Indar Parawansa 6,2%
  6. Puan Maharani 5,4%
  7. Airlangga Hartarto 2,7%
  8. Muhaimin Iskandar 1,9%
  9. Tidak tahu 23,1% (HS)

Tinggalkan Balasan