Timnas U-23 Kontra Turkmenistan : Seri Saja Cetak Sejarah

HALUANSULTRA.ID – Timnas Indonesia U-23 sukses membungkam Chinese Taipei, 9-0 pada matchday kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, di Stadion Manahan Solo, Sabtu 9 September malam. Hasil ini pun membuat anak asuh Shin Tae-yong menduduki klasemen sementara dengan 3 poin 9 gol memasukan.

Salah satu pesainnya, Turkmenistan, harus rela turun ke posisi kedua setelah sebelumnya hanya mampu menang 4-0 atas Chinese Taipe. Kini, Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang melawan Turkmenistan untuk lolos ke Piala Asia U-23 2024. Jika ini terjadi, tentu akan mencatatkan sejarah yakni berhasil meloloskan Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia untuk pertama kalinya.

Kepada awak media, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, mengaku senang dan memberikan pujian kepada pemainnya yang telah berjuang. Dia menyebut, hasil ini juga membuktikan bahwa sepakbola Indonesia sudah jauh lebih baik. “Skor hari ini menunjukan bahwa sepakbola Indonesia sudah lebih baik dari sebelumnya,” kata Shin Tae-yong. Meski demikian, Shin Tae-yong menegaskan kepada pemainnya untuk fokus pada laga selanjutnya dan tidak meremehkan lawan. “Masih laga menentukan pada laga selanjutnya. Kita harus bersiap,” ucapnya.

Kualifikasi Piala Asia U-23 diikuti 47 negara anggota AFC. Indonesia menjadi tuan rumah Grup K. Garuda Muda berada di grup yang sama dengan Chinese Taipei dan Turkmenistan. Nantinya, ada 16 negara yang akan tampil di putaran final Piala Asia U-24 di Qatar. Sang tuan rumah Qatar sudah pasti lolos. Jadi, ada 14 slot bermain di Piala Asia U-23 yang diperebutkan lewat babak kualifikasi.

Peluang Timnas Indonesia U-23 berlaga di Qatar sangat besar. Pasukan Shin Tae-yong hanya butuh hasil imbang lawan Turkmenistan. Ada dua skenario yang bisa membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Pertama, menjadi juara Grup K. Kedua, lolos dengan status runner-up terbaik. Jalan untuk menjadi juara Grup K terbuka sangat lebar. Sebab, merujuk pada regulasi di atas, Garuda Muda hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara grup.

Jika imbang, Indonesia dan Turkmenistan akan punya poin sama 4. Head to head juga sama karena skor imbang. Indonesia bakal menjadi juara Grup K dengan keunggulan selisih gol. Indonesia menang lebih besar atas Chinese Taipei. Namun, dengan status tuan rumah, akan lebih sempurna bagi Indonesia juga lolos dengan menyapu bersih kemenangan. (hs)

Jadwal Indonesia vs Turkmenistan
Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan
Stadion Manahan Solo
Selasa, 12 September 2023
19.00 WIB
Siaran langsung: RCTI

Tinggalkan Balasan