Seminar dan Rapat Kerja II APSI Dibuka Asisten III Setda Kota Kendari

HALUANSULTRA.ID – Asisten III Setda Kota Kendari Makmur, mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari membuka pelaksanaan Seminar dan Rapat Kerja (Raker) II Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Kendari. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Samaturu Balai Kota Kendari, Sabtu (30/9/2023). Asisten III Setda Kota Kendari Makmur mengungkapkan, pengawas saat ini memiliki peranan baru yaitu sebagai pendamping, tidak seperti sebelumnya pengawas sekolah berfungsi sebatas pada administratif.

Dengan berubahnya peranan tersebut sebagai pendamping, pengawas sekolah diharapkan mendampingi sekolah dan guru untuk berkolaborasi agar tercipta sistem pendidikan yang aman, nyaman dan kondusif bagi peserta didik. “Karena tujuan dari pengawasan saat ini adalah, bagaimana kita membangun ekosistem pendidikan yang berpusat pada siswa, oleh karena itu teman-teman pengawas mulai hari ini harus berbenah diri, memperbaiki diri dengan pengetahuan, dengan sikap, dengan hal lain yang ada kaitannya dengan peran dan fungsi bapak/ibu sebagai pengawas,” kata dia.

Selain itu yang menjadi catatan saat ini, Asisten III mengatakan, bahwa pengawas sekolah perlu dibekali dengan pendidikan karakter, yang diharapkan sebagai pendamping kepala sekolah dapat memberikan solusi terbaik jika terdapat masalah di sekolah. Mengingat peran pengawas sekolah, Pemkot Kendari bakal berupaya agar pengawas sekolah mampu meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan maupun seminar.

Ketua Panitia Rakor II APSI Nurhida menjelaskan, bahwa APSI merupakan organisasi profesi pengawas sekolah guna memperkokoh eksistensi dan memperkokoh martabat serta citra diri pengawas sekolah, dengan harapan APSI makin meningkatkan profesionalitas pengawas sekolah dan melahirkan pengawas sekolah yang berintegritas, berkarakter dan bermartabat. APSI sebagai mitra pemerintah memiliki peran untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga pembinaan juga diperlukan kepada pengawas sekolah agar dalam melaksanaan tugas mampu melaksanakan secara professional (HS)

Tinggalkan Balasan