Kadispora Sultra Lepas Alet PPLP Taekwondo Bertarung di NTB

HALUANSULTRA.ID – Satu persatu, cabang olahraga yang bernaung dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sultra mulai berlaga di Kejuaraan Nasional tahun 2023. Tiga cabor masing-masing Dayung, Atletik, Karate telah menuntaskan laga. Sementara, Taekwondo dan Pencak silat masih menunggu jadwal pertandingan. Berdasarkan data yang diterima haluansultra.id, untuk cabor dayung yang berlaga di Riau, berhasil meraih 1 emas, 1 perak, 2 perunggu. Kemudian, karate bertanding Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih 1 perak, 1 perunggu. Lalu, atletik tanpa medali. Sementara dua cabor lagi taekwondo dan pencak silat baru berlaga November 2023 ini.

Cabor taekwondo akan memulai laga pada Sabtu 6 November 2023. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Daerah Hidayat, telah melepas secara resmi dua taekwondoin, Jumat 3 November 2023. Kadis berpesan, agar atlet dapat menjaga kesehatan selama perhelatan Kejurnas dan tetap semangat dalam menghadapi setiap pertandingan.

Bukan hanya itu, La Ode Daerah juga berpesan siapa pun atlet yang berlaga dapat menjaga nama baik Sultra. “Sebagai atlet prestasi tetap harus jadi target, namun lebih daripada itu menjaga nama baik daerah itu lebih utama. Kita harus punya komitmen jaga sportivitas di lapangan,” tegas mantan Kasat Pol PP Sultra ini.

Menurut Kadis, saat ini Sultra memiliki 5 cabang olahraga yang bernaung dalam PPLP. Nah untuk melakukan penilaian terkait hasil latihan tentu melalui sebuah turnamen resmi. Makanya, hasil yang dicapai seluruh cabor PPLP akan menjadi bahan evaluasi, sehingga prestasinya meningkat pada pelaksanaan event selanjutnya.

Kadispora Sultra, La Ode Daerah Hidayat (kedua dari kanan) saat memberikan arahan.

Evaluasi pada atlet dan manajemen internal sangat penting untuk mengetahui apakah orang-orang yang duduk di teknis-teknis persiapan atlet, sudah bekerja sesuai dengan aturan atau belum. “Mari kita doakan semoga anak-anak kita yang akan bertanding selalu dalam kondisi prima. Mereka adalah wakil daerah yang siap mengharumkan nama Sulawesi Tenggara,” tutup Kadis.

Sementara itu, Kepala Sub Promosi dan Penghargaan Olahraga Dispora Sultra, Murni Ali mengungkapkan, untuk taekwondo tanding di Nusa Tenggara Barat akan menurunkan 2 orang atlet masing-masing Muhamad Raqib Rahmat dan Suharto Tri Ordika. Sementara silat 6 pendekar. “Kalau taekwondo itu mereka berangkat ke NTB, 4 November dan akan bertanding Sabtu, 6 November 2023. Kalau silat informasi jadwal nanti tanggal 23 November. Tapi kami menunggu jadwal resmi, jangan sampai ada perubahan,” ujarnya.

Murni menambahkan, peningkatan porsi latihan diserahkan kepada masing-masing pelatih untuk disesuaikan dengan kemampuan atlit. Apalagi untuk beberapa Cabor sudah memiliki pelatih yang bersertifikat, sehingga diharapkan kualitas atlit pelajar ini bisa berbuat banyak pada kejuaraan mana pun yang bergulir. “Kita tunggu saja hasilnya ya. Pastinya, semua akan ada evaluasi langsung oleh Dispora dari setiap turnamen,” tutup Murni. (HS)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: