Perkuat Pengawasan dan Perlindungan Konsumen, OJK Sultra Gandeng Media Edukasi Masyarakat

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), terus memperkuat pengawasan dan perlindungan konsumen, terhadap industri jasa keuangan. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama yang dilakukan bersama insan media, untuk melakukan edukasi dalam hal memperkuat kemampuan literasi masyarakat.

Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya mengatakan, kerjasama dengan media ini dilakukan untuk diseminasi informasi terkait perkembangan sektor jasa keuangan khususnya di Sulawesi Tenggara, dan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan OJK untuk meningkatkan kinerja IJK dan mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi serta perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan.

Menurutnya, adanya pemberitaan rekan-rekan media ini, diharapkan dapat menjadi pintu informasi kepada masyarakat melalui media pemberitaan. “Agar literasi masyarakat semakin meningkat sehingga mampu memahami manfaat dan risiko yang melekat dalam produk jasa keuangan serta bisa terhindar dari penawaran investasi ilegal,” katanya, Rabu (29/11/2023).

Sementara itu, Kepala Subbagian Administrasi merangkap EPK OJK Sultra, Laode Diman, memaparkan sebagai salah satu bentuk prefentif perlindungan konsumen sampai dengan November 2023 OJK Sultra telah melakukan 72 kegiatan edukasi yang tersebar pada wilayah kabupaten dan kota di Sultra.

“Edukasi OJK ini meliputi segmen perempuan, UMKM, mahasiswa, ASN, penyandang disabilitas, komunitas pemuda dan masyarakat umum,” kata dia.

Selain itu ungkap Diman, saat ini masyarakat juga sudah memanfaatkan layanan konsumen OJK Sultra. Tercatat sampai dengan November 2023 ini, OJK Sultra sudah memberikan sebanyak 788 layanan konsumen.

“Rincian permasalahan yang disampaikan itu terkait restrukturisasi, klaim asuransi, laporan SLIK, lelang agunan, perbedaan perhitungan kewajiban, prilaku pegawai, dan juga informasi dokumen,” ujarnya.

Kedepan OJK Sultra berharap, kerjasama dengan media dapat terus dipererat. Agar kegiatan edukasi masyarat melali pemeberitaan-pemberitaan yang terpercaya, dapat terus dimasifkan. Sehingga, literasi masyarat dalam memahami industri jasa keuangan juga diharapkan bisa meningkat.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan