Cegah Risiko Penularan Covid-19, Dinkes Kendari Masifkan Vaksinasi Ibu Hamil

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Untuk menekan risiko penularan kasus positif Covid-19, vaksinasi bagi ibu hamil sangat di anjurkan. Hal ini juga tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) No HK.02.01/1/2007/2021 tentang vaksinasi Covid-19 bagi Ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum mengutarakan, melihat kondisi saat ini, kasus positif kian meningkat. Nah vaksin ibu hamil menjadi salah satu langkah yang dilakukan untuk melindungi bayi dari penularan virus. “Sebetulnya vaksin untuk ibu hamil aman, apalagi kalau memang ada rekomendasi dari dokter spesialis obgyn, saya kira aman,” tukasnya Rabu (2/3/2022).

Kadis menambahkan, selain kondisi kesehatan, umur kehamilan serta jenis vaksin juga menjadi beberapa ketentuan khusus bagi ibu hamil yang hendak di vaksin. “Untuk penggunaan vaksin booster bisa, tetapi memang hanya digunakan pada umur kehamilan tertentu dengan jenis vaksin yang sudah ditentukan,” bebernya.

Sebagai informasi, dalam SE Kemenkes jenis vaksin yang bisa digunakan bagi kalangan ibu hamil diantaranya, pfizer, moderna, serta platform inactivated sinovac sesuai ketersediaan.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan