Muhammad Yusuf : Laju Peningkatan Ekonomi Kota Kendari Naik 1,08 Persen

HALUANSULTRA.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengelar kegiatan refleksi pembangunan tahun 2023 sekaligus malam tutup tahun 2023 menyambut tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Balai Kota Kendari. Acara ini menampilkan sejumlah kegiatan seni yaitu music bambu dari SDN 2 Kendari, music gambus binaan Aspeklur Kota Kendari dan Duo Praja dari Satpol PP Kota Kendari. Selain itu, dilanjutkan dengan menampilkan sejumlah pembangunan dan penghargaan yang telah diraih oleh pemerintah Kota Kendari sepanjang tahun 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengatakan, tahun 2023 diwarnai dengan torehan prestasi dan pembangunan, jika dilihat dari berbagai aspek sejumlah torehan itu berkat kolaborasi berbagai pihak. Torehan capaian ini meliputi, terjadinya pengurangan angka kemiskinan di Kota Kendari tahun 2022 sebesar 0,30 persen meski demikian angka pengangguran terbuka di Kendari mengalami sedikit kenaikan sebesar 0,04 persen di tahun 2023. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga mengalami peningkatan dari tahun 2021.

“Ini mengidikasikan bahwa sektor pendidikan, kesehatan dan pengeluaran perkapita masyarakat Kota Kendari mengalami peningkatan. Bersamaan dengan meningkatnya IPM, laju peningkatan ekonomi juga ikut meningkat sebesar 1,08 persen,” jelasnya. Selanjutnya di tahun 2023 pemerintah Kota Kendari telah berupaya mengatasi kemiskinan ekstrem melalui rehabilitasi rumah layak huni dan Jamkesda untuk 24 ribu jiwa serta pemberian beasiswa untuk 303 siswa kurang mampu.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan Amir Hasan mengatakan, bahwa kegiatan ini sebagai event guna mempromosikan Kota Kendari, mengingat beragam kegiatan yang telah dilaksanakan pemerintah kota bersama masyarakat khususnya Forkopimda pada tahun 2023 ini. Dalam sambutannya, Asisten I Setda Kota Kendari ini juga memberikan apresiasi kepada panitia lainnya, sehingga kegiatan refleksi pembangunan tahun 2023 dan malam tutup tahun dapat berlangsung dengan meriah. “Alhamdulillah malam ini bisa kita laksanakan bersama,” ucapnya. (HS)

Tinggalkan Balasan