Diikuti 6 Cabor, Dispora Sultra Matangkan Persiapan Pelaksanaan POPDA 2024

HALUANSULTRA.ID – Pekan Olahraga Pelajar (POPDA) tingkat provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diagendakan akhir April 2024. Tersisah 2 bulan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Sultra pun terus mematangkan persiapan.

Kesiapan ditandai dengan pelaksanaan rapat yang dihadiri ketua Pengprov dan Sekretaris dan pengurus dari 6 cabang olahraga yang rencananya akan dipertandingkan masing-masing Sepak Takraw, Pencak Silat, Bola Basket, Bulutangkis, Bola Voli dan Sepakbola.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sultra, La Ode Daerah Hidayat, melalui Sekretaris Dispora, Bachri Bachtiar mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pembahasan seperti soal waktu pertandingan, venue, wasit juri termasuk soal kesiapan atlet yang akan berlaga.

“Untuk tanggal rencana 22-29 April 2024. Venue juga sudah lengkap, misalnya Bulutangkis kita bisa gunakan GOR Apriyani, terus sepakbola bisa di Benu Benua dan Final kami akan ajukan permintaan di Lapangan UHO. Dan semua kami menunggu arahan dari pimpinan,” ujar Bachri usai rapat di Kantor Dispora Sultra.

Suasana pertemuan persiapan POPDA 2024.

Menurut Bachr, Dispora tentu akan bekerjasama dengan setiap Pengprov membentuk tim untuk memantau atlet-atlet yang nantinya terpilih untuk mewakili Sultra dan selanjutnya akan diserahkan ke Dispora untuk mengikuti Pra POPNAS.

Ia menginginkan kepada para peserta dari seluruh Kabupaten dan Kota yang akan mengikuti turnamen agar mempersiapkan diri, bermain sportif dan tunjukan skill terbaik. Sebab salah satu syarat untuk menjadi wakil Sultra harus menjadi yang terbaik dari seluruh atlet yang berlaga. “Intinya kegiatan POPDA nanti sebagai penjaringan atlet muda Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Dia menuturkan selain ajang seleksi, pelaksanaan Popda ini sebagai evaluasi hasil pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat daerah demi menghasilkan calon-calon atlet nasional.

Popda merupakan kegiatan multi event di tingkat pelajar yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Popda dapat menjadi ajang untuk mencari talenta-talenta muda berbakat dan berkualitas dari berbagai pelosok di Sulawesi Tenggara.

“Semoga di Sultra terus melahirkan atlet bertalenta dan berbakat binaan murni dari Kabupaten dan Kota yang mampu mengharumkan nama daerah dan negara,” tutup Bachri.

Sementara itu, Ketua Pengprov Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sultra, Heriansyah menyambut positif langkah Dispora Sultra yang mengundang Pengprov Cabor untuk membahas persiapan pertandingan. “Kami di Sepak Takraw siap menyukseskan kegiatan ini,” ucapnya.

Kata Heri, POPDA adalah wadah untuk menumbuhkan bakat olahraga, sekaligus media penjaringan bibit-bibit atlet berbakat yang akan membawa nama harum Sultra di bidang olahraga. Apalagi Sultra akan menjadi tuan rumah Pra Popnas tahun ini. “Menumbuhkan bakat memang membutuhkan pembinaan yang konsisten, kegiatan ini salah satunya. Mari kita sukseskan bersama,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan