Atlet, Pelatih dan Satgas PON Sultra Divaksin Covid-19 Tahap Pertama

HALUANSULTRA.ID — Para atlet, pelatih dan tenaga pendukung dari 14 cabang olahraga yang akan memasuki pemondokan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) persiapan PON XX Papua Oktober 2021 telah menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama, di Gedung KONI Sultra, Sabtu (26/6/21).

Pantauan media ini, satu persatu mereka mendaftarkan diri. Lalu disuntik vaksin sinovac. Sekum KONI Sultra, Tahir Kimi menuturkan, total keseluruhan yang akan divaksin 213 orang. “Semua gratis. Vaksin dari Dinas Kesehatan. Agenda ini merupakan perintah langsung dari Ketum KONI Sultra, sesuai petunjuk dari KONI pusat. Jadi mulai atlet hingga Satgas bahkan pengurus KONI wajib vaksin,” terangnya.

Sekum KONI Sultra, Tahir Kimi saat divaksin.

Ada pun 14 cabang olahraga yang diharuskan vaksin yaitu, Dayung, Taekwondo, Menembak, Silat, Softball, Selam, Renang, Muaythai, Bulutangkis, Bermotor, Karate, Atletik, Panjat Tebing dan Sepak Takraw. Menurut Tahir, vaksin hari ini yang didahulukan adalah mereka yang akan mengikuti Pelatda. Diharapkan dengan vaksin dapat memberi proteksi kepada para atlet dan pelatih, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka di situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang. “Ini bukan persoalan persyaratan tapi memang kewajiban untuk kita untuk sehat. Apalagi sekarang wabah Covid-19 kembali melonjak,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian IMI Sultra, Muchtar Syahrir mengapresiasi langkah dari KONI Sultra melakukan vaksinasi untuk seluruh cabor lolos PON. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui Dinas Kesehatan yang telah memprioritaskan para atlet untuk mendapatkan vaksinasi.

Muchtar Syahrir bersama Sekum KONI, Tahir Kimi

“Kalau bermotor yang divaksin enam orang terdiri dari atlet, manager dan mekanik. Mari semuanya tidak perlu takut divaksin demi kesehatan kita bersama,” tutup pria yang murah senyum ini. (Imn/Hs)

Tinggalkan Balasan