Sesar Lokal Aktif, Gempa Bumi Tektonik Guncang Wilayah Bombana

HALUANSULTRA.ID — Gempa bumi tektonik terjadi di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu, 18 Agustus 2021, pukul 13:59 Wita. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa berkekuatan M=3.6. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.58 LS, 121.78 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 29.0 km, Barat Daya Kabaena Selatan, Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

“Kalau memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal di Barat Daya Kabaena Selatan,” ujar, Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kabaena Selatan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. “Hingga pukul 15.00 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan